Logo BeritaSatu

Gugus Tugas Pastikan Kapasitas Produksi APD Nasional Tercukupi

Jumat, 3 April 2020 | 23:20 WIB
Oleh : Dina Manafe / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kemampuan dan kapasitas di dalam negeri untuk memproduksi alat pelindung diri (APD) untuk penanganan virus corona jenis baru atau Covid-19 dipastikan tercukupi.

Baca Juga: Indonesia Mampu Produksi 17 Juta APD Per Bulan

Advertisement

Ketua tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan, kapasitas produksi APD nasional ada sekitar 1,7 juta per bulan dengan bahan baku pengganti.

"Produksi APD saat ini didukung oleh paling sedikit 31 perusahaan tekstil dan 2.900 industri garmen nasional," kata Wiku dalam konferensi pers secara daring di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Wiku mengatakan, Gugus Tugas sudah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memproduksi APD terstandar. Pihak yang dikerjasamakan tersebut sama dengan World Health Organisation (WHO) Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemkes), Kementerian Perindustrian (Kemperin), Asosiasi Pertekstilan, Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia, Perhimpunan Pengendalian Infeksi Indonesia dan ahli teknik kimia ITB untuk menentukan standar serta pemenuhan APD.

Baca Juga: Pertamina Berikan Bantuan APD Hingga Masker

APD, khususnya gaun, dalam negeri selama ini tergantung dari impor dan jumlah terbatas untuk kebutuan Indonesia. Bahan APD gaun selama ini hanya digunakan sekali pakai. Indonesia sudah memiliki inovasi bahan baku alternatif yang sudah tersedia yang sesuai standar WHO.

"Kami telah menemukan bahwa bahan baku pengganti yang sesuai dengan standar WHO cukup melimpah di Indonesia. Bahan baku tersebut di produksi oleh industri tekstil dalam negeri,” kata Wiku.

Adapun bahan baku pengganti yang dimaksud, yaitu polyurethane dan polyester yang bisa digunakan berulang dengan proses pencucian secara benar. Bahan tersebut dapat digunakan juga untuk pembuatan tipe baju gaun medis, seperti gaun terusan dan jumpsuit coverall.

Baca Juga: 84 Tenaga Medis di Jakarta Positif Covid-19

Sementara itu, aturan perizinan produksi telah direlaksasi dan disepakati oleh Kemperin, Kemkes dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Seluruh produksi nantinya dipastikan untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri sehingga seluruh tenaga medis dapat terlindungi demi keselamatan dan keamanan mereka," tandas Wiku.

Di kesempatan ini, Wiku juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, seperti tenaga medis, aparat pemerintah, TNI, Polri, sukarelawan dan media dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Presiden Prancis Setujui Penambahan Anggota NATO

Presiden Prancis Setujui Penambahan Anggota NATO

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings