Logo BeritaSatu

Peroleh Opini WTP, Nagekeo Dapat Insentif Rp 48 M

Jumat, 31 Juli 2020 | 15:15 WIB
Oleh : Willy Grasias / AB

Mbay, Beritasatu.com - Setelah enam tahun mendapat opini wajar dengan pengecualian (WDP) atas laporan keuangan daerah, Pemerintah Kabupaten Nagekeo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kini bisa berbangga karena untuk pertama kalinya mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Kesuksesan Nagekeo mendapat opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diganjar oleh pemerintah pusat dengan memberikan dana insentif Rp 48 miliar.

Hal tersebut disampaikan Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do kepada Beritasatu.com di Mbay, ibu kota Nagekeo, Kamis (30/7/2020).

Menurutnya, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja berkualitas Pemkab Nagekeo akhirnya melahirkan WTP sebagai opini BPK atas hasil audit terhadap laporan keuangan pemerintah daerah dan pengelolaan aset pemerintah Kabupaten Nagekeo tahun anggaran 2019.

"Kami dan pimpinan DPRD menerima laporan hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2019 pada Kamis, 30 Juli 2020. Penilaian status WTP mendapat skor 81. Opini WTP secara akuntansi masuk kategori pengelolaan keuangan daerah terbaik,” tuturnya.

Peroleh Opini WTP, Nagekeo Dapat Insentif Rp 48 M

Lebih lanjut bupati yang dilantik pada Desember 2018 ini mengatakan peningkatan opini dari WDP ke WTP merupakan prestasi luar biasa yang didapat dari kerja keras dan cerdas Pemerintah Kabupaten Nagekeo yang dikawal ketat oleh Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja.

Bupati yang latar belakang dokter itu menjelaskan WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Peroleh Opini WTP, Nagekeo Dapat Insentif Rp 48 M

Menanggapi hal itu, mantan Ketua DPRD Provinsi NTT Anwar Pua Geno memberi apresiasi atas prestasi Nagekeo di bawah kepemimpinan Johanes Don Bosco Do. "Pada 2020 ini, bupati telah memberi hadiah kepada masyarakat Nagekeo berupa prestasi peningkatan status dari WDP ke WTP untuk pengelolaan keuangan daerah tahun 2019 yang baik dan berkualitas,” katanya,

Hal senada disampaikan tokoh masyarakat, Wenselaus Dema. Menurutnya, perolehan opini WTP merupakan sebuah prestasi dari hasil kerja pemerintah daerah. Opini WTP berdampak baik pada keberlanjutan pembangunan di Nagekeo pada 2021 dalam bentuk program kerja sesuai visi dan misi bupati Nagekeo menuju "Nagekeo yang Berubah dan Mandiri".

"Mari terus bekerja keras dan cerdas dalam spirit to'o jogho waga sama. Pencapaian ini jadi hadiah istimewa buat masyarakat Nagekeo menjelang peringatan HUT kemerdekaan Indonesia," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pekan Depan, Ribuan Buruh Bakal Geruduk Istana Negara

Partai Buruh dan organisasi kelas pekerja akan mengerahkan aksi besar-besaran serentak di 34 provinsi Rabu, 12 Oktober 2022.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polrestro Bekasi Kota Gelar Operasi Zebra, Ini Titik dan Sasarannya

Jajaran Polrestro Bekasi Kota mengelar operasi Zebra Jaya 2022 mulai Senin, 3 Oktober 2022 hingga dua pekan ke depan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Nasdem Deklarasi Anies Capres, Demokrat Singgung soal Hubungan dengan AHY

Partai Demokrat merespons positif langkah Partai Nasdem mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

NEWS | 3 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Polisi Periksa Direktur PT LIB

Polri akan memeriksa sejumlah saksi pada hari ini, Senin (3/10/2022) untuk mengusut tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengumuman Bakal Capres Lebih Dini Dapat Dongkrak Suara Partai

Herry Mendrofa mengungkapkan pengumuman kandidat calon presiden (capres) lebih awal bakal mendongkrak elekabilitas partai politik.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Publik Diminta Tidak Tendensius Sudutkan Polri

Analis politik dari Walden University, Boni Hargens meminta publik tidak tendensius menyudutkan Polri dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Gugur dalam Tragedi Kanjuruhan, 2 Polisi Diberi Kenaikan Pangkat

Dua polisi yang gugur dalam tragedi Kanjuruhan diberi kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi

NEWS | 3 Oktober 2022

Cyber University Akan Gelar Prosesi Wisuda Pertama di TMII

BRI Institute, yang bertransformasi menjadi Cyber University, sebagai universitas fintech pertama Indonesia, akan menggelar prosesi wisuda pertama.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pencabutan Status Pandemi Covid-19, Ini Kata Jokowi

Soal status pandemi Covid-19, Presiden Jokowi meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk berkonsultasi langsung ke WHO.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT, Polisi Olah TKP di Kediaman Rizky Billar dan Lesti Kejora

Terkait kasus KDRT, Polres Metro Jakarta Selatan melakukan olah TKP di kediaman artis Rizky Billar dan istrinya Lesti Kejora di Cilandak, Jakarta Selatan.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Upaya Nippon Paint Dukung Literasi Seni Indonesia

Ini Upaya Nippon Paint Dukung Literasi Seni Indonesia

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings