Logo BeritaSatu

Polisi Singapura Akan Dilengkapi Mobil SUV Canggih

Jumat, 7 Agustus 2020 | 10:16 WIB
Oleh : Yuliantino Situmorang / YS

Singapura, Beritasatu.com - Singapura memperkenalkan armada baru untuk menunjang operasional polisi respons cepat. Armada itu adalah mobil sport utility vehicle (SUV) merek Hyundai Tucson yang dilengkapi fitur-fitur digital super canggih untuk menangkap penjahat di jalanan. Mobil itu juga diperlengkapi ornamen keamanan mumpuni untuk membawa pelaku kriminal di bangku belakang.

Saat diperkenalkan ke publik pada 30 Juli lalu, pihak Kepolisian Singapura menjelaskan, mobil baru itu dilengkapi sirene dan peluit canggih nan cerdas. Lalu ada lampu sorot di atap yang dikendalikan dari jarak jauh dengan remote control, kemudian ada sensor di bawah kaca spion, dan kamera di bagian depan, samping, dan belakang.

Namun, jika melongok ke sisi kabin belakang, tidak akan menemukan jok kulit lembut dengan busa tebal ataupun tatakan cangkir. Yang ada hanya ruang lega dengan kursi pipih antiselip tanpa jok kulit. Lalu ada layar besar yang memisahkan kabin depan dengan belakang.

Jelas, mobil baru ini didesain bukan untuk kenyamanan penumpang, tetapi lebih pada penerapan teknologi dan desain fungsional yang paling cocok untuk mendukung pekerjaan (petugas polisi) itu.

Pihak Kepolisian Singapura menyebutkan, tidak adanya kursi konvensional dimaksudkan agar tahanan di bangku belakang tidak dapat menyembunyikan benda apapun di jok.

Desain permukaan yang keras dan melengkung itu memberikan ruang bagi tersangka yang diborgol. Desain juga dibuat agar mudah dibersihkan, terutama jika penjahat yang diangkut tidak kooperatif yang mungkin saja sering muntah ataupun berkeringat.

Bahkan, di kabin belakang itu, sabuk keselamatan yang ada sengaja dirancang sedemikian rupa sehingga petugas polisi tidak harus menjangkau para tersangka untuk mengencangkan sabuk pengamannya. Hal ini bisa melindungi petugas dari serangan benturan kepala ataupun serangan belakang.

Polisi mengatakan, sebanyak 300 unit SUV dengan rancangan khusus itu akan dikerahkan secara bertahap untuk digunakan oleh Pasukan Respons Darat, atau polisi wilayah, dan mobil operasi. Mobil-mobil baru itu diharapkan bisa menggantikan seluruh armada mobil sedan patroli yang ada saat ini pada tahun 2024.

Wakil Kepala Inspektur Polisi (DSP) Ng Li Ki, yang menjabat sebagai Kepala Operasi Kepolisian Garda Depan mengatakan, mobil jenis SUV memberikan petugas bidang pandang yang lebih baik karena posisinya yang lebih tinggi.

“Saya pikir, kami memiliki petugas yang cakap yang selalu memikirkan bagaimana teknologi baru dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi pekerjaan mereka. Jika itu sesuatu yang Anda lakukan setiap hari, Anda berisiko dengan hal-hal tertentu, Anda akan memikirkan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu,” tutur Li Ki.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

PLN siap mendukung pertumbuhan industri dan bisnis di Jabodetabek melalui pembangunan SUTET 500 kV Bekasi – Muara Tawar.

NEWS | 4 Oktober 2022

Kasus Garuda, Eks Anggota DPR Chandra Tirta Wijaya Dicegah ke Luar Negeri

Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mencegah eks anggota DPR Chandra Tirta Wijaya untuk berpergian ke luar negeri.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Tegaskan Tak Terpengaruh Rumor Politisasi Kasus Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak terpengaruh soal mencuatnya rumor politisasi dalam mengusut kasus Formula E.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dede Yusuf Pertanyakan Aksi Represif Aparat dalam Tragedi Kanjuruhan

Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf mempertanyakan aksi represif aparat keamanan dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

DPR Setujui 9 Komisioner Komnas HAM Periode 2022-2027

DPR menyetujui sembilan nama komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 dalam sidang paripurna yang digelar di gedung DPR, kompleks Parlemen, Jakarta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pangkogabwilhan II Novyan Samyoga Meninggal Dunia, Ini Sosoknya

Kadispenau Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah mengatakan, Marsdya Novyan Samyoga meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto Jakarta karena sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Presiden PKS: Anies Baswedan Mampu Menjadi Simbol Perubahan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mampu menjadi perubahan untuk Indonesia. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut positif langkah Partai Nasdem.

NEWS | 4 Oktober 2022

Masyarakat Papua Diharapkan Tinggalkan Kediaman Lukas Enembe

Masyarakat Papua diharapkan dapat memberi ruang kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dipanggil Polisi, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar diminta kooperatif saat dipanggil polisi. Rizky diminta memenuhi panggilan polisi terkait KDRT yang dia lakukan terhadap sang istri, Lesti Kejora.

NEWS | 4 Oktober 2022

Barang Bukti Kasus Tewasnya Brigadir J, Ada 3 Pistol

Polri melimpahkan barang bukti kasus tewasnya Brigadir J, Salah satu barang bukti yang dilimpahkan, adalah pistol.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings