Logo BeritaSatu

Pemkot Tangerang Bentuk Tim Khusus Cegah Pencemaran Lingkungan di Sungai Cisadane

Minggu, 6 September 2020 | 17:13 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Tangerang, Beritasatu.com - Makin maraknya pencemaran lingkungan khususnya yang menerjang Sungai Cisadane membuat Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membentuk tim khusus untuk melakukan pembersihan di Sungai Cisadane. Tim tersebut juga akan sekaligus menginvestigasi dan penindakan bagi para pelaku yang mencemari sungai terbesar di wilayah Kota Tangerang itu.

"Kami dari DLH dan PUPR Kota Tangerang telah berkoordinasi dengan pihak Kota Tangerang Selatan dan juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk melakukan pengchekan kualitas air di Sungai Cisadane," ungkap Kepala DLH Kota Tangerang, Dedi Suhada saat dihubungi media, Minggu (6/9/2020).

Untuk melakukan pembersihan sampah di Sungai Cisadane, Pemkot Tangerang juga telah berkoordinasi dengan Kempupera. Saat ini, DLH juga sedang mempersiapkan tim khusus untuk turun langsung ke Sungai Cisadane bersama tim PUPR untuk menyusur sungai setiap minggunya.

"Kami juga menggandeng teman-teman dari aktivis lingkungan hidup seperti dari komunitas Banksasuci untuk sama-sama menjaga sungai Cisadane ini khususnya dari pencemaran yang berasal dari limbah medis. Menurut keterangan pihak Banksasuci kerap menemukan limbah medis di sungai yang berpotensi mengandung bahan berbahaya. Oleh sebab itu kita juga menggandeng teman-teman Polri dan TNI untuk melakukan investigasi agar ke depan tidak lagi ada orang atau pelaku yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah khususnya limbah medis di sungai ini," tambahnya.

Berdasarkan keterangan dari Pihak Komunitas Banksasuci, setiap hari mereka kerap menemukan sampah dan limbah medis di sungai Cisadane. Bahkan dalam sehari mereka bisa menemukan 50-60 limbah medis saat melakukan pembersihan sungai Cisadane.

Jenisnya dikatakan Dedi ada infus, selang infus, suntikan, ada sarung tangan lateks, masker, dan lain-lain. "Kita juga sudah melaporkan temuan ini ke pihak Pemkot Tangerang, Pemkot Tangerang Selatan dan juga Polri dan TNI agar mereka bisa tindak lanjuti ini, karena sampah medis ini kan sangat berbahaya," tandas Ade Yunus selaku Pendiri Komunitas Banksasuci saat ditemui media, Jumat (4/9/2020) kemarin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Timnas Basket


# SEA Games


# Ganjar Pranowo


# Kapal Drone


# Jokowi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 23 Mei 2022

Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 23 Mei 2022

NEWS | 52 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings