Logo BeritaSatu

Tantangan Pembelajaran Daring Banyak Dialami Guru dan Siswa

Senin, 7 September 2020 | 15:48 WIB
Oleh : Indah Handayani / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Sebagai tindakan preventif mencegah penyebarluasan Covid-19, pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring dari rumah. Pembelajaran daring tentu membawa tantangan tersendiri khususnya bagi guru dan juga siswa yang menjalani.

Survei yang dilakukan Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) melalui kanal U-Report bahkan menyatakan 69 persen siswa merasakan kejenuhan selama periode learn from home (belajar dari rumah). Sementara bagi para guru, berdasarkan hasil survei yang dibagikan oleh SMERU Research Institute, 28,2 persen tenaga pengajar belum dapat optimal memanfaatkan teknologi.

Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, Ennita Pramono, mengatakan kunci keberhasilan kegiatan pembelajaran jarak jauh memang secara garis besar terletak pada guru sebagai penggerak dalam perubahan masa depan pendidikan, namun peran serta dari berbagai pihak juga cukup penting. Oleh karena itu, pihaknya sangat memahami tantangan tersebut terutama mengenai pentingnya pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Untuk itu, lanjut dia, semenjak 2017 pihaknya melalui program Samsung Smart Learning Class (SSLC) telah bekerja sama dengan beberapa sekolah yang ada di Indonesia, salah satunya SMA Plus Negeri 17 Palembang, untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi pada kegiatan belajar mengajar.

“Jauh sebelum pandemi, SSLC hadir dengan tujuan awal memperkenalkan cara baru dalam proses belajar mengajar, juga agar guru dan siswa dapat meningkatkan kemampuan serta membiasakan diri pada teknologi dan perangkat digital,” ungkapnya dalam keterangan pers diterima Senin (7/9/2020).

Sementara itu, Kepala SMA Plus Negeri 17 Palembang Dr Parmin SPd MM mengatakan kegiatan SSLC yang selama ini telah dilakukan Samsung di sekolah yang dipimpinnya, bisa membantu guru lebih cepat beradaptasi dengan teknologi dan memanfaatkannya di era pembelajaran jarak jauh.

Dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh, bukan hanya murid yang perlu untuk menyesuaikan dengan teknologi, tetapi juga para guru. “Memang tidak mudah, tapi karena kami sudah terbiasa memanfaatkan fasilitas SSLC sehingga proses belajar mengajar kami dengan 1.030 orang siswa dapat berjalan dengan baik dan efektif,” tutup Parmin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DJ Joice dan 3 Rekannya Jadi Tersangka Kasus Narkoba

DJ Joice dan 3 Rekannya Jadi Tersangka Kasus Narkoba

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings