Logo BeritaSatu

Sungai Batanghari Harus Dipertahankan Jadi Habitat Ikan Asli Jambi

Jumat, 9 Oktober 2020 | 11:59 WIB
Oleh : Radesman Saragih / JEM

Jambi, Beritasatu.com - Sungai Batanghari harus dipertahankan sebagai habitat ikan asli Provinsi Jambi karena spesies atau jenis ikan lokal di sungai tersebut cukup banyak. Total spesies ikan asli lokal yang masih ditemukan di Sungai Batanghari saat ini mencapai 132 jenis. Sebanyak 76 jenis ikan konsumsi dan 56 jenis ikan hias. Sekitar 50 % spesies ikan lokal di Sungai Batanghari sudah punah. Bila pencemaran Sungai Batanghari tidak dikendalikan dan penangkapan ikan dengan cara meracun maupun menyetrum di sungai tersebut tidak dihentikan populasi ikan asli Sungai Batanghari akan punah.

Demikian persoalan kelestarian lingkungan yang mengemuka pada peringatan Hari Lingkungan Hidup 2020 di ruang terbuka hijau, tepian Sungai Batanghari, Pasar, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Kamis (8/10/2020). Pada kesempatan tersebut Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy Daud bersama unsur Forum Kominikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi menabur sekitar 2.020 ekor bibit ikan air tawar di Sungai Batanghari. Selain itu Restuardy Daud dan Forkopimda Provinsi Jambi juga menanam pohon penghijauan di ruang terbuka hijau tepian Sungai Batanghari, Kota Jambi.

Advertisement

Menurut Restuardy Daud, pelestarian lingkungan hidup di Provinsi Jambi, termasuk pelestarian spesies ikan alsi lokal Sungai Batanghari perlu terus ditingkatkan agar tema tahun lingkungan hidup sedunia 2020 “Time for Nature” (Waktu untuk Alam) bisa diwujudkan. Waktu untuk alam tersebut bisa diwujudkan dengan mencegah berbagai bentuk tindakan perusakan lingkungan di Jambi. Misalnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, pencemaran sungai dan pengendalian eksploitasi sumber daya air dan hutan.

“Pelestarian populasi ikan asli Jambi di Sungai Batanghari dan penghijauan di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Sungai Batanghari harus terus dilakukan. Karena itu momentum peringatan hari lingkungan hidup tahun ini mengingatkan semua pihak untuk bersama-sama menggali kembali atau memperkuat komitmen terhadap pelestarian lingkungan,”katanya.

Dijelaskan, berdasarkan arahan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, seluruh penduduk dunia untuk menyadari bahwa makanan yang dimakan, air yang diminum, dan ruang hidup di planet yang ditinggali adalah sebaik-baiknya manfaat dari alam (nature) sehingga harus dilestarikan.

Kebakaran Hutan

Restuardy Daud pada kesempatan tersebut juga menyoroti tentang pentingnya peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi, khususnya karhutla di lahan dan hutan gambut. Untuk tahun ini, kasus karhutla di Provinsi Jambi cukup bisa dikendalikan. Luas karhutla di Provinsi Jambi hingga September lalu terpantau sekitar 227 hektare (ha). Luas karhutla tersebut jauh menurun dibandingkan luas karhutla di Jambi tahun lalu sekitar 157.137 ha.

“Saya mengapresiasi kerja keras dan sinergitas seluruh jajaran Satuan Tugas Pengendalian Karhutla se-Provinsi Jambi, Forkopimda Provinsi Jambi, jajaran pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten se - Provinsi Jambi, pemerhati lingkungan, pihak swasta dan seluruh pihak yang berperan mencegah karhutla serta menjaga lingkungan hidup,”katanya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah paa kesempatan tersebut mengatakan, Provinsi Jambi mengundur peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat Provinsi Jambi yang seharusnya 5 Juni 2020 menjadi 8 Oktober 2020 karena pandemi Covid-19.

“Peringatan hari lingkungan hidup ini pun kami gelar di ruang terbuka, kawasan eks pasar Angso Duo, Kota Jambi. Peringatan hari lingkungan hidup ini diikuti secara virtual oleh pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Jambi dan 70 perusahaan. Selain menabur 2.020 bibit ikan di Sungai Batanghari, hari lingkungan hidup di Jambi juga ditandai dengan penanaman serentak 2.020 bibit pohon di seluruh kabupaten dan kota di Jambi,”katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Warga Antusias Sambut Senam Cinta Tanah Air yang Digelar PDIP

Warga Antusias Sambut Senam Cinta Tanah Air yang Digelar PDIP

NEWS | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings