Logo BeritaSatu

Ruangpeduli Pertemukan Donatur dan Penerima Bantuan Sosial Pendidikan

Selasa, 10 November 2020 | 18:48 WIB
Oleh : Mardiana Makmun / MAR

JAKARTA, Investor.id- Ruangguru meluncurkan ruangpeduli, platform yang menghubungkan pemberi dan penerima bantuan sosial pendidikan. Masyarakat dapat menggunakan Ruangpeduli untuk memberi bantuan atau memberi informasi pihak mana saja yang layak diberi bantuan.

“Indonesia memiliki sistem pendidikan terbesar di dunia dengan 45 juta pelajar, namun Indonesia juga menjadi salah satu yang tertinggal di bidang pendidikan. Kemampuan membaca dan sains anak Indonesua berada di peringkat 74 dari 79. Untuk mengejar ketinggalan itu kita butuh 128 tahun. Ini mengapa kami bangun Ruangguru dari awal untuk berkontribusi mengejar ketinggalan itu dan kini juga diluncurkan ruangpeduli,” kata Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru saat jumpa pers, Selasa (10/11/2020).

Advertisement

“Tantangan lain adalah, lebih dari 200 ribu siswa putus sekolah menurut data Kementerian Pendidikan. Banyak ruang kelas rusak berat. Itu di masa sebelum pandemi dan kini tantangan semakin berat di masa pandemi karena banyak siswa tidak punya smartphone untuk PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh),” ungkap Belva.

Melalui situs web ruangpeduli.org, Ruangguru mengajak mitra individu dan lembaga untuk ikut serta berkontribusi menyelesaikan berbagai tantangan pendidikan. Para mitra dapat menyalurkan bantuan akses, dukungan fasilitas belajar, serta konten pendidikan yang berkualitas. Masyarakat juga dapat mengajukan penggalangan bantuan pendidikan bagi pihak yang berhak menerimanya. Keabsahan informasi pihak yang menggalang donasi dan penerima bantuan pendidikan menjadi prioritas. Ruangpeduli memiliki manajemen platform yang tersentralisasi, terkurasi, dan terverifikasi, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi setiap donatur yang peduli.

“Kondisi pandemi yang kita hadapi saat ini makin memperbesar berbagai tantangan pendidikan. Kami meluncurkan ruangpeduli karena kami percaya bahwa gerakan peduli pendidikan bisa dibuat lebih terstruktur dan kolaboratif. Harapannya, lewat ruangpeduli, akan ada lebih banyak individu dan lembaga yang terpanggil untuk berkontribusi untuk pendidikan Indonesia”, ujar Belva.

Melalui ruangpeduli.org, individu maupun lembaga, kata Belva, dapat mengajukan program sosial pendidikan yang membutuhkan bantuan. Masyarakat dapat membantu berbagai program misalnya, membantu perbaikan atap SMPN 1 Amurang, penyediaan gawai internet bagi guru dan pelajar di SMPN 1 Sambeng Lamongan, memberikan beasiswa bagi anak putus sekolah, dan lainnya. “Seluruh biaya tata kelola platform menjadi bagian dari CSR Ruangguru. Di dalam platform ini, kami juga tidak menerima dana sepeser pun dan tidak mengambil komisi dalam bentuk apapun. Ruangguru juga akan turut membantu beberapa program terpilih,” tegas Belva.

Beberapa program pendidikan telah berlangsung melalui kerja sama dengan para mitra, seperti program beasiswa pelatihan guru, beasiswa pendampingan siswa, pembelajaran intensif untuk siswa putus sekolah, dan akses gratis ke konten pendidikan. Ribuan guru, siswa, dan pelaku pendidikan lainnya berpartisipasi dalam program-program ini termasuk yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

"Adaro Foundation telah menjalin kerja sama dengan Ruangguru beberapa tahun terakhir. Visi dan misi kami beriringan, yakni meningkatkan kualitas pendidikan melalui sumber daya manusia yang mumpuni. Pelatihan guru dan beasiswa bagi pelajar telah kami berikan dan juga turut menyasar daerah 3T di Indonesia," tutur Okty Dayamanti, Ketua Umum Adaro Foundation.

“Kitabisa memiliki semangat yang sama dengan Ruangguru untuk menghubungkan jutaan kebaikan termasuk kebaikan di dunia pendidikan. Kemitraan ini menjadi awal yang baik dalam memudahkan para OrangBaik menyalurkan bantuan bagi para guru, siswa, dan pihak lain yang membutuhkan bantuan pendidikan,” ucap Muhammad Alfatih Timur, CEO and Founder Kitabisa.com

“Benih Baik menyambut positif kerja sama dengan Ruangguru untuk memperluas akses bantuan di sektor pendidikan. Kita harus menggandeng banyak mitra dalam menjangkau pihak-pihak yang berhak memperoleh bantuan pendidikan, agar dampak yang dihasilkan semakin luas” ujar Firdaus Juli, Co-founder Benih Baik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rahasia Andmesh Kamaleng Tampil Apik di Istana Negara

Rahasia Andmesh Kamaleng Tampil Apik di Istana Negara

LIFESTYLE | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings