Logo BeritaSatu

Penyusunan Prolegnas 2021 Dinilai Harus Realistis

Selasa, 24 November 2020 | 16:40 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah bersama dengan Badan Legislasi (Baleg) DPR, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), dan Panitia Perancangan Undang-undang (PPUU) DPD telah menyelenggarakan Rapat Kerja pertama untuk membahas Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Rencananya, dalam waktu dekat akan dijadwalkan rapat Panitia Kerja (Panja) Penyusunan Prolegnas Prioritas 2021.

Peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK), Ronald Rofiandri, mengingatkan, dalam penyusunan Prolegnas Prioritas 2021, DPR sebaiknya dapat mengidentifikasi RUU yang dianggap dapat menopang kebijakan penanggulangan
pandemi Covid-19.

"Usulan ini mesti disertai dengan evaluasi terukur dalam rangka mencegah kebijakan yang sudah ada yang ternyata menghambat kinerja penanggulangan pandemi," kata Ronald Rofiandri, dalam diskusi 'Potret Kinerja Legislasi 2021 di Tengah Pandemi dan Kemunduran Demokrasi' yang digagas Forum Diskusi Formappi, di Jakarta, Selasa (24/11/2020).

Selain itu, menurutnya, penyusunan Prolegnas Prioritas 2021 juga harus dapat lebih memastikan upaya penguatan demokrasi. Terutama yang tertuju kepada perlindungan hak asasi manusia dan penegakan hukum

"RUU yang pemangku kepentingannya lebih luas dan tidak tersegmentasikan, termasuk melihat RUU yang beresiko terhadap resistensi publik dan belum adanya konsensus di internal DPR," ucap Ronald.

Direktur Eksekutif Indonesia Budget Center (IBC), Roy Salam, mengingatkan, target Prolegnas ke depannya mesti dibuat lebih realistis dan memperhitungkan dampak pandemi, kapasitas lembaga dari aspek sumber daya manusia (SDM) dan waktu sidang.

Selain itu, Prolegnas juga harus mengutamakan RUU yang mendukung percepatan perbaikan tata kelola keuangan negara, layanan publik, masyarakat adat. Diantaranya seperti RUU HPKD, RUU SPPN, RUU Otsus Provinsi Papua.

"Khusus RUU BPK perlu kejelasan konsep dari usulan Revisi UU BPK sebelum diajukan sebagai prioritas prolegnas tahun depan," kata Roy Salam.

Dirinya berharap, dalam melakukan pembahasan RUU, DPR dan pemerintah sebaiknya lebih terbuka dan partisipatif. Termasuk adanya terobosan atau inovasi terbuka parlemen melalui e-parlemen.

"Semua akan membuka harapan bagi publik untuk dapat mengontrol kinerja pemerintah dan DPR melalui proses legislasi yang semakin terbuka," ucapnya.

Selain itu, juga harus ada perbaikan tata kelola dan prioritas anggaran legislasi DPR untuk mendukung pembuatan san pembahasan Undang-undang yang berkualitas melalui penguatan transparansi dan partisipasi publik pada seluruh tahapan legislasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

BOLA | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings