Logo BeritaSatu

Milenial Rentan Terpapar Aksi Anarkisme

Senin, 30 November 2020 | 15:53 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Depok, Beritasatu.com - Direktur Amir Mahmud Center, Dr Amir Mahmud, mengatakan, kalangan milenial terutama pelajar sekolah tingkat menengah dan atas sangat rentan terhadap aksi anarkisme.

Paling ringan, kata Amir, aksi tersebut memicu pengerusakan yang dilakukan spontan karena ketidakpahaman pelajar saat ikut serta dalam aksi demonstrasi.

"Paling ringan itu pengerusakan, kalau paham anarkisme ini terus berkembang pada seseorang bisa jadi dia menjadi radikal, dan pemahaman ideologinya berubah," kata Amir Mahmud, saat membuka seminar dan diskusi penguatan pendidikan karakter dalam rangka menangkal anarkisme dan radikalisme di era milenial di lingkungan sekolah, di Amir Mahmud Center, Depok, Senin (30/11/2020).

Amir menegaskan, paham anarkisme sangat berbahaya terutama pada kalangan milenial dengan usia remaja. Sebab, anak remaja usia tersebut, didominasi rasa emosional. "Kalau sebenarnya, kalangan milenial lebih mudah dipengaruhi dan dia lebih sering menggunakan rasa emosionalnya,” jelasnya.

Menurut Amir, kondisi ini rentan dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok tertentu. Ini bisa dilihat keberutalan mereka saat demo-demo. "Mereka tidak tahu apa yang dilakukan, mereka melakukan sewenang-wenang tapi akhirnya menyesal. Ini karena terdorong oleh emosi," tegasnya.

Dalam simulasi pemahaman paham anarkisme itu, Amir menekankan pentingnya semua pihak memberikan pemahaman dan penguatan bahaya paham anarkis. Menurut dia, dalam batas pengetahuan paham anarkis yang diperoleh kalangan pelajar sudah mereka dapatkan di sekolah dalam bentuk teori.

"Pemahaman di sekolah sifatnya tidak memberi penegasan, secara makna sudah dipahami. Tapi wujud ril keadaanya itu mungkin belum tersampaikan di Sekolah," kata Amir.

Bahayanya, jika pemahaman anarkis telah mengakar pada kalangan milenial, maka tidak mustahil pemahaman radikal terhadap suatu ideologi juga terdoktrin di kalangan tersebut. "Di Jakarta dominan anarkisme. Kalau sudah muncul anarkisme mudah di kader menjadi paham radikal. Hari ini banyak, paham paham radikal dengan aksi keji yang brutal-brutal itu," tandasnya.

Dalam seminar yang melibatkan pelajar SMA-SMK se-Jabodetabek itu, Amir berharap semua pihak, baik lingkungan keluarga, rumah tangga, sekolah dan aparat penegak hukum bisa sama-sama menangkal peredaran luas paham anarkis tersebut.

"Ini tidak bisa hanya dilakukan polisi saja, tapi semua elemen masyarakat harus bergerak menangkal pemahaman ini. Karena sangat jelas dampak terkecil pengerusakan disana-sini dan fatalnya lagi perubahan ideologi," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Banjir di Australia, Perintah Evakuasi untuk Ribuan Penduduk

Banjir di Australia, Perintah Evakuasi untuk Ribuan Penduduk

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings