Logo BeritaSatu

Zumi Zola Ajukan PK Atas Perkara Gratifikasi dan Suap Ketok Palu

Rabu, 6 Januari 2021 | 17:00 WIB
Oleh : Fana Suparman / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola mengajukan upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) atas perkara suap "uang ketok palu" DPRD Jambi dan penerimaan gratifikasi terkait proyek-proyek di Jambi.

Diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman 6 tahun pidana penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan serta pencabutan hak politik selama 5 tahun terhadap Zumi Zola lantaran terbukti menerima gratifikasi dan mengalirkan sebagian gratifikasi tersebut untuk menyuap pimpinan dan anggota DPRD Jambi agar memuluskan Raperda APBD Jambi.

Melalui tim kuasa hukumnya, Zumi Zola menyampaikan permohonan pengajuan PK. Zumi pun turut hadir dalam sidang perdana PK tersebut di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Sidang perdana pada hari ini mengagendakan penyerahan permohonan PK. Sidang selanjutnya akan digelar pada Jumat (22/1/2021) dengan agenda mendengarkan tanggapan Jaksa KPK atas PK yang diajukan Zumi Zola.

"Sidang selanjutnya adalah agenda dari jawaban termohon KPK pada 22 Januari 2021," kata Ketua Majelis Hakim IG Eko Purwanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman 6 tahun pidana penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan serta pencabutan hak politik selama 5 tahun terhadap Zumi Zola. Majelis Hakim menyatakan, Zumi Zola terbukti menerima gratifikasi senilai Rp 37,47 miliar, USD 173.300, dan SGD 100.000 serta satu unit mobil Toyota Alphard.

Gratifikasi ini diterima Zumi Zola melalui tiga orang kepercayaannya, Afif Firmansyah Asrul Pandapotan, Kadis PUPR Jambi Arfan. Sebagian dari gratifikasi yang diterimanya ini dipergunakan Zumi Zola untuk melunasi utang-utang kampanye Pemilihan Gubernur Jambi. Zumi Zola juga dinilai telah mengalirkan uang tersebut untuk keperluan adiknya, Zumi Laza yang akan maju sebagai calon Wali Kota Jambi.

Selain itu, Majelis Hakim menyatakan Zumi Zola bersalah telah menyuap 53 anggota dan pimpinan DPRD Jambi sebesar Rp 16,34 miliar. Uang tersebut untuk memuluskan ketok palu Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Raperda APBD) Jambi tahun anggaran 2017-2018.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erdogan Janji Turkiye Akan Punya Militer Terbaik di Dunia

Erdogan Janji Turkiye Akan Punya Militer Terbaik di Dunia

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings