Logo BeritaSatu

Wisatawan Domestik Topang Okupansi Hotel di Bali

Kamis, 7 Januari 2021 | 17:42 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pembatasan aktivitas sebagai imbas pandemi Covid-19, menyebabkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun domestik ke Pulau Bali mengalami penurunan. Kondisi ini berimbas terhadap kinerja hotel di Pulau Dewata sepanjang tahun 2020, yang mengalami penurunan sangat drastis.

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, mengatakan, wisatawan yang masuk ke bandara Ngurah Rai, baik mancanegara maupun domestik di tahun 2019 rata-rata jumlahnya masih sekitar 400.000 hingga 500.000 orang setiap bulannya.

"Namun, selama masa pandemi di tahun 2020, jumlah kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik mengalami penurunan cukup drastis, bahkan sangat drastis,” kata Ferry Salanto, dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/1/2021).

Ferry memaparkan, pandemi Covid-19 telah menyebabkan tingkat keterisian atau okupansi hotel di Bali ikut mengalami penurunan tajam dengan okupansi tidak lebih dari 20 persen. Kondisi ini berbanding terbalik dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai rata-rata di atas 60 persen.

"Kondisi ini memaksa pengelola hotel melakukan beberapa hal untuk menekan operational cost, antara lain dengan mengoperasikan sebagian gedung, menutup beberapa fasilitas hotel dan bahkan merumahkan karyawannya,” paparnya.

Menurut Ferry, pada bulan Agustus wisatawan domestik mulai bergerak naik namun wisatawan mancanegara masih flat, karena ada pembatasan aktivitas. Oleh karena itu, lanjutnya, kehadiran wisatawan domestik perlu dijaga agar pasar dan kinerja perhotelan di Bali bisa segera menuju pemulihan.

"Agustus wisatawan domestik mulai menggeliat dan hal ini persis seperti kasus bom Bali yang menyebabkan kinerja hotel turun. Salah satu solusinya, dengan menjaga arus kunjungan wisatawan domestik. Pasalnya, pasar wisatawan domestik sangat membantu untuk memulihkan pariwisata dan menolong kinerja hotel di Bali selama pandemi,” imbuhnya.

Menyoal proyeksi kinerja hotel di tahun 2021, Ferry mengatakan, masih menunggu hasil penanganan kasus Covid-19, sebagai pertimbangan bagi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia, terutama menghabiskan liburannya di Bali.

"Apabila pandemi Covid-19 dapat terkendali dan sambil menunggu pemerintah membuka pintu bagi wisatawan mancanegara, kondisi pariwisata dan perhotelan di Bali nampaknya masih akan bergantung pada wisatawan domestik,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings