Logo BeritaSatu

Cek Silang Mutasi, LBM Eijkman Targetkan Deteksi 5.000 Virus

Rabu, 3 Februari 2021 | 21:54 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio mengatakan, untuk mengetahui mutasi virus baru di Indonesia, sudah sejak lama pihaknya melakukan deteksi mutasi virus. Kegiatan ini dilakukan sebelum adanya adanya virus Covid-19 di Indonesia.

LBM Eijkman menargetkan pada 2021 ini, setidaknya akan melakukan deteksi terhadap 5.000 virus yang ada di Indonesia. “Tentu kalau ini dibandingkan dengan Inggris masih sangat kecil, tetapi mudah-mudah ini bisa membantu memberikan informasi secara molekuler virus apa saja yang sudah beredar di Indonesia,” kata Amin pada Rapat Dengar Pendapat dengan DPR RI Komisi IX yang membahas hasil riset dan inovasi dalam rangka "Pengendalian Covid-19 dan Vaksin Merah Putih" di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Advertisement

Amin menambahkan, LBM Eijkman bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemkes) menargetkan tahun ini dapat mencapai 10.00 virus.

Selanjutnya, Amin menuturkan, adapun hal lain akan dilakukan di LBM Eijkman, yakni melakukan studi untuk mempelajari virus dan latar belakang genetik asalnya. “Jadi kita melihat selain sifat-sifat genetik dari virus, maka kita juga mempelajari latar belakang genetik dari orang-orang Indonesia. Kemudian dikaitkan dengan genetik subsubility dari orang-orang Indonesia terhadap virus,” terangnya.

Amin menjelaskan, studi ini dilakukan karena berkaca dari kenyataan masyarakat yang terpapar virus dengan situasi yang sama, namun kondisi berbeda-beda, yakni ada yang berstatus orang tanpa gejala (OTG), gejala ringan, dan gejala berat.

“Mungkin ada faktor-faktor genetik di belakang itu. Kami akan kaji sehingga bisa membantu pengambil kebijakan untuk menentukan apa yang harus kita lakukan untuk melakukan pencegahan dan juga pengobatan secara spesifik,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

EKONOMI | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings