Logo BeritaSatu

Bupati Nagekeo Lakukan Penghijauan Sambil Berwisata di Pulau Kinde

Selasa, 9 Februari 2021 | 22:00 WIB
Oleh : Willy Grasias / CAR

Mbay, Beritasatu.com - Pulau Kinde di Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), akhir-akhir ini dibicarakan banyak orang sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Tempat ini menawarkan panorama indah dengan hamparan pasir putih dan bukit yang eksotik.

Terbentang hamparan bebukitan gunung Kinde di pulau yang dijuluki Bunga Kecil dari Flores ini. Tak hanya itu, di teluk Kaburea ada hamparan hutan mangrove, lengkap dengan aneka fanuna dan salah satunya kelelawar.

Berlayar menggunakan perahu yang keseharian berfungsi sebagai bagan tangkap ikan dengan tali temali sayap kiri dan kanan, seakan menggunakan kapal induk. Penasaran? Silakan berkunjung ke pulau Kinde.

Indah pemandangan dari arah laut, hamparan padang savana Kedi Kinde dan bentangan hutan mangrove sepanjang pantai dari kejauahan, pengunjung dapat melihat kelelawar bergelantungan, di pohon bakau jenis Rhisophora Macrunata. Belum lagi pasir putih, batu merah dan banyak spot wisata lainnya.

Sesekali pengunjung dapat melihat ikan di kedalaman air laut yang tampak biru. Dipastikan, tidak pernah mata melihat sampah atau plastik dalam air. Mungkin banyak orang mengatakan wilayah ini masih perawan belum tercemar.

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do dan rombongan, melaksanakan penghijauan sambil berwisata di pulau Kinde, Jumat (5/2/2021). Hamparan yang dihijaukan itu sekitar 1,5 hektar. Anakan yang di tanam sejumlah 400 pohon.

“Dengan menanam, kita memberikan kehidupan baru. Masyarakat hidup, pariwisata pun hidup,” kata Johanes seraya mengaku gembira karena adanya Yayasan Puge Figo yang mengambil bagian dalam kegiatan penghijauan di pulau Kinde.

“Untuk ke depan, kita harus terus galakkan kegiatan penghijauan di wilayah Nagekeo,” imbuh Johanes.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Marsel Muda turut mendampingi Johanes. Kemnudian, Camat Wolowae, Kapospol Wolowae, Babinsa, Kepala Desa Tendatoto dan Tendakinde, kru Yayasan Puge Figo, OMK Paroki Wekaseko, para pencinta lingkungan hidup serta para awak media.

Sebelum ditanam, Romo Paulus Bhongu memercik air berkat, sambil memohon kepada Sang Pencipta agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan bermanfaat untuk banyak orang.

“Pentingnya penghijauan di pulau Kinde, karena wilayah ini masih gersang, karena kurangnya pepohonan. Support anakan pohon dari Yayasan Puge Figo untuk kegiatan hari ini, patutlah kita berterima kasih,” kata Romo Paulus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar

NEWS | 28 September 2022

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Eks Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochammad Ardian Noervianto bakal menghadapi sidang dengan agenda pembacaan putusan

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate

Jokowi dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate pada acara yang diselenggarakan di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

NEWS | 28 September 2022

Program Vaksinasi Covid-19 Diperluas untuk WNA

emerintah memperluas program vaksinasi Covid-19, yakni tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga menyasar WNA.

NEWS | 28 September 2022

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden.

NEWS | 28 September 2022

Anggaran Pemilu 2024 KPU Kota Bogor Capai Rp 4,1 Miliar

Pemerintah mengucurkan anggaran Rp 4,1 miliar untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada KPU Kota Bogor

NEWS | 28 September 2022

Ke Maluku Utara, Jokowi Dianugerahi Gelar Adat

Hari ini Jokowi mengunjungi Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, guna menerima anugerah gelar  adat

NEWS | 28 September 2022

Rabu Ini, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan Mulai Siang Nanti

Menurut prakiraan cuaca BMKG, pada pagi hari semua wilayah DKI Jakarta bercuaca cerah berawan dan hujan baru akan mengguyur mulai siang hari.

NEWS | 28 September 2022

Taiwan Berharap Bisa Hadir pada Pertemuan Ke-41 ICAO

Taiwan berharap dapat hadir pada sidang tiga tahunan ke-41 Majelis ICAO pada 27 September hingga 7 Oktober 2022 di Montreal, Kanada.

NEWS | 28 September 2022

Amerika Serikat Sumbang Ukraina Rp 22,7 Triliun Per Bulan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengungkapkan bahwa Amerika Serikat (AS) menyumbang US$ 1, 5 miliar (Rp 22,7 triliun) per bulan.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Komisi III Gelar <em>Fit and Proper Test</em> 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings