Logo BeritaSatu

Perempuan Indonesia Diajak Kembali Berkain

Rabu, 10 Maret 2021 | 15:21 WIB
Oleh : Indah Handayani / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) mengajak perempuan untuk kembali menggunakan pakaian berkain. Hal itu karena salah satu budaya yang telah turun-temurun diwariskan selama ini adalah penggunaan kain yang biasa dipakai oleh para perempuan Indonesia.

Ketua Umum Komunitas Cinta Berkain Indonesia Sita Hanimastuty mengatakan gencarnya arus budaya asing diera modernisasi teknologi saat ini tengah menjadi tantangan tersendiri bagi keberadaan para pengrajin kain Indonesia. Bahkan jika tidak dijaga, potensi hilangnya budaya nusantara sebagai warisan leluhur akan benar-benar menjadi kenyataan.

“Stigma klasik alias tradisional dan kurangnya trend modernisasi menjadi faktor berkurangnya para pemakain kain. Bahkan bisa dikatakan budaya itu sudah hampir tergerus jaman yang bisa berdampak pada ekonomi kehidupan para pengrajin kain,” ungkapnya dalam keterangan pers diterima Rabu (10/3/2021).

Menyikapi permasalahan tersebut, lanjut Sita, komunitasnya mencoba untuk mengambil peran di dalamnya dengan berjuang mengembalikan citra jati diri budaya agar tidak hilang tergerus jaman. Salah satunya budaya menggunakan kain yang mulai ditinggalkan perempuan Indonesia karena dianggap kuno atau tidak modern.

Sita menjelaskan kegiatan mereka bukan hanya melestarikan budaya berkain di nusantara melainkan juga memberikan edukasi dalam berbusana agar wanita-wanita Indonesia masih bisa mencerminkan budaya ketimuran yang sudah mulai hilang terkontaminasi budaya impor.

Sementara itu, Ketua Satu KCBI Dyah Sudiro mengatakan kegiatan yang mereka lakukan juga sebagai bentuk tanggung jawab estetika dan budaya yang harus dijaga bersama-sama perempuan Indonesia lainnya. Ia pun berharap budaya berkain akan terus tertanam di benak generasi muda milenial pasalnya mereka adalah para penerus budaya Indonesia.

“Untuk itu KCBI mengajak para perempuan, wanita Indonesia untuk turut ambil bagian dan berkontribusi dengan menggunakan kain nusantara sebagai wujud rasa cinta produk buatan Indonesia yang pada gilirannya dapat meningkatkan perekonomian para pengrajinnya,” Pungkas Dyah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Kuasa Hukum Putri Candrawathi

Mantan Jubir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menjadi kuasa hukum Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo.

NEWS | 28 September 2022

Riza: Tawuran Bukan Prestasi tetapi Tindakan yang Merendahkan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, tawuran bukanlah sebuah prestasi tetapi tindakan yang merendahkan diri sendiri dan orang lain

NEWS | 28 September 2022

Perang Ukraina, 4,4 Juta Warga Donbass Mengungsi ke Rusia

Lebih dari 4,4 juta pengungsi dari Donbass, Ukraina tiba di Rusia sejak Februari akibat perang Ukraina. s

NEWS | 28 September 2022

Mendes: SDGs Desa Ke-18 Terinspirasi dari Para Ulama NU

Mendes PDTT mengatakan perumusan SDGs Desa ke-18 yaitu Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif terinspirasi dari jejak dakwah para ulama NU.

NEWS | 28 September 2022

Usman Hamid Desak Polri Usut Peretasan Redaksi Narasi TV

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mendesak Polri mengusut tuntas peretasan terhadap belasan awak redaksi Narasi TV

NEWS | 28 September 2022

LSM HAM Sebut 76 Orang Tewas dalam Aksi Protes Rezim Iran

LSM HAM Iran menyebut aksi protes atas kematian Mahsa Amini telah menewaskan sedikitnya 76 orang.

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, Kombes Budi Pitono Jalani Sidang Etik

Mantan Kabag Renmin Divpropam Polri Kombes Murbani Budi Pitono tengah menjalani sidang etik pada hari ini, Rabu (28/9/2022), terkait kasu Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

 AKBP Raindra Ramadhan Syah tidak mengajukan banding saat putusan sanksi demosi empat tahun imbas dari kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

Mantan Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah disanksi demosi 4 tahun terkait kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate, yaitu Dada Ma Dopo Malomo

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Kuasa Hukum Putri Candrawathi

Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Kuasa Hukum Putri Candrawathi

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings