Logo BeritaSatu

Aktor Ramon Y Tungka Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Kamis, 8 April 2021 | 19:19 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Aktor Ramon Y Tungka menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Ini dibuktikan Ramon dengan mengajak masyarakat menanam pohon di tiga candi kawasan DI Yogyakarta, yakni Sambisari, Banyunibo dan Barong. Namun, mengingat pandemi virus corona belum usai, masyarakat tidak bisa langsung menanamnya di lokasi.

Melainkan menitipkan bibit yang nantinya akan ditanam dari penyelenggara acara, Candi Darling From Home (CDFH).

Ramon mengakui kepedulian lingkungan dan pelestarian cagar budaya di Indonesia memang agak sedikit menurun di tengah pandemi. Terlebih saat adanya pandemi yang mengharuskan lokasi-lokasi candi yang biasa dijadikan lokasi wisata ditutup.

"Banyak candi yang terbengkalai. Bersyukur melalui program penghijauan yang menyasar candi dan situs budaya yang dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation ini menjadi momen kita untuk tetap sadar lingkungan dan juga beberapa situs budaya yang ada," ungkap Ramon jumpa pers lembaga Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) meluncurkan kegiatan 'Candi Darling From Home' yang diselenggarakan secara daring, Kamis (8/4/2021).

Ditambahkannya, sebelum mengikuti program ini, pria kelahiran Surabaya 2 Juni 1984 itu diberi kesempatan untuk mengunjungi lokasi candi yang akan disasar dalam program penghijauan Candi Darling From Home. Ramon melihat candi-candi tersebut terlihat gersang dan kurang hijau.

Oleh sebab itu, dirinya sepakat pemilihan 3 candi yakni Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong menjadi lokasi penghijauan program Siap Sadar Lingkungan ini.

"Ini merupakan pilihan yang tepat buat kita melestarikan warisan budaya kita. Melalui program ini selain akan membuat lingkungan candi menjadi asri, akan bisa membuat lingkungan candi kita layak dijadikan lokasi wisata. Makanya cocok kalo program ini juga dilakukan generasi milenial yang akan memimpin bangsa kedepannya," tambah Ramon.

Dalam kesempatan ini, sebagai aktivis lingkungan yang peduli akan kelestarian alam, Ramon juga berharap masyarakat memelihara lingkungan yang bisa dijadikan postingan untuk menanam bibit pohon.

"Mengurangi botol plastik dan diganti tumblr atau menggunakan transportasi umum, juga menjadi salah satu cara kita mengurangi polusi yang membuat kelestarian lingkungan akan tetap terjaga. Ini harus dimiliki generasi kita kalau mau bangsa kita akan tetap asri dan hijau di masa depan," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Shin Tae-yong: Petasan dan Suar Ganggu Pemain Piala AFF

Shin Tae-yong: Petasan dan Suar Ganggu Pemain Piala AFF

BOLA | 29 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings