Logo BeritaSatu

Peduli Lingkungan, Djarum Foundation Luncurkan "Candi Darling From Home"

Jumat, 9 April 2021 | 21:29 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Sukses melakukan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon di daerah pesisir Pulau Jawa, Bakti Lingkungan Djarum Foundation kembali menelurkan sebuah program bernama "Siap Sadar Lingkungan" (Siap Darling) dengan kegiatan "Candi Darling From Home". Program ini mengajak generasi muda untuk peduli dengan alam dan lingkungannya dengan sasaran warisan candi.

Dengan menggelar penghijauan di area candi diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke situs warisan sejarah tersebut.

Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Tania Anggriani Arbi kegiatan Candi Darling From Home ini sepenuhnya berlangsung daring mengingat masih dalam masa pandemi.

"Kita berharap anak-anak muda di Indonesia bisa peduli lingkungan yang ingin berpartisipasi bisa mengunggah kegiatan bertema peduli lingkungan di akun media sosialnya dan memberikan tagar #CandiDarlingFromHome serta menuliskan tag akun resmi @siapdarling," ungkap Tania dalam keterangannya kepada media, Kamis (8/4/2021).

Dibeberkan Tania, program Siap Darling sudah dilakukan sejak tahun 2019 lalu. Sudah ada beberapa candi seperti Candi Prambanan, Situs Ratu Boko, Candi Ijo dan Candi Gedong Songo yang dipercantik dengan melakukan penghijauan melalui penananam pohon.

Selain itu, melalui program ini, mereka berharap akan bisa ikut serta dalam dalam pelestarian warisan sejarah berupa candi yang merupakan peninggalan berharga leluhur bangsa ini. Sudah ada 10.000 jenis pohon yang ditanam di beberapa candi dan situs budaya tersebut.

"Untuk saat ini kita mencoba kembali fokus melestarikan dan menghijaukan 3 Candi lagi yakni Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong yang kesemuanya ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun karena terbentur pandemi, maka program ini kita selenggarakan secara daring. Kami memfasilitasi anak-anak muda untuk melestarikan candi dengan cara yang dekat dengan keseharian mereka dan cukup dari rumah saja. Program ini akan dilaksanakan hingga tahun 2025 dan diharapkan dapat mencakup penghijauan seluruh candi-candi di Indonesia," tambahnya.

Apresiasi yang tinggi diberikan oleh Plt Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta, Zaimul Azzah.

"Setelah lebih dari satu tahun kita tidak keluar rumah, Candi Darling From Home menjadi terobosan agar generasi muda tetap mencintai situs sejarah. Tentunya juga diharapkan bisa menjadi sarana edukasi agar mereka bisa semakin kenal perjalanan sejarah bangsa ini. Semoga Siap Darling terus berinovasi dalam upaya pelestarian peninggalan bersejarah, sambil terus meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya upaya penghijauan dan penyelamatan lingkungan sejak dini," tukas Zaimul.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cedera, Muhammad Ferarri Tak Tampil di Laga Lawan Brunei

Cedera, Muhammad Ferarri Tak Tampil di Laga Lawan Brunei

BOLA | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings