Logo BeritaSatu

Menristek: Perempuan Indonesia Mampu Hasilkan Inovasi yang Hebat

Rabu, 21 April 2021 | 13:16 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / LES

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, semakin banyak perempuan Indonesia berprofesi sebagai peneliti, perekayasa, dan profesi lain di bidang riset yang mampu menghasilkan inovasi hebat.

“Perempuan-perempuan Indonesia di bidang riset dan teknologi mampu menghasilkan inovasi hebat dan menjadi solusi permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dan dunia,” kata Bambang saat membuka dialog interaktif secara virtual bertemakan “Semangan Kartini untuk Inovasi Indonesia”, Rabu (21/4/2021).

Menristek mengatakan, semangat RA Kartini menjadi teladan para perempuan Indonesia dalam berkarya. Bahkan, kondisi pandemi Covid-19 dan keterbatasan lainnya tidak membatasi perempuan Indonesia untuk memberikan kontribusi mereka.

“Saya sangat memahami bahwa tidak mudah untuk menjadi perempuan yang mempunyai banyak peran, sebagai istri, ibu, dan juga berkarir sesuai profesinya di dunia kerja,” kata Bambang.

Dia mengungkapkan, laki-laki dan perempuan memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam sehari. “Tapi dengan kepiawaiannya dalam mengelola waktu dan melakukan tugas ganda, para perempuan juga banyak yang berhasil bahkan melampaui apa yang telah dicapai para laki-laki,” kata Bambang.

Menristek menyatakan kebanggaannya atas pencapaian perempuan Indonesia khususnya di dunia riset dan inovasi. Dia berjanji mendukung perempuan hebat Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas diri sehingga menjadi lebih mandiri, berperan lebih besar dalam pembangunan bangsa, menjadi generasi penerus yang berkualitas secara ilmu pengetahuan, dan berakhlak mulia untuk mencetak generasi penerus bangsa yang siap bersaing di era global.

“Belajar dari Ibu RA Kartini, di usianya yang tidak panjang beliau mampu meletakkan fondasi yang kuat bagi perempuan Indonesia untuk terus memperbaiki kualitas diri dan memberikan yang terbaik bagi negeri,” ujar Bambang.

Dia juga mendorong perempuan Indonesia menciptakan agar legacy (warisan) bagi masa depan Indonesia untuk generasi mendatang.

“Tetaplah menjadi yang terbaik serta memberikan yang terbaik dalam memajukan Indonesia tanpa melupakan jati diri. Kami kaum laki laki akan selalu siap mendukung dan bersinergi bersama,” tambah Bambang.

Dialog dalam rangka Hari Kartini yang digelar Kementerian Riset dan Teknologi menghadirkan antara lain peneliti vaksin Merah Putih dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Ernawati Arifin Giri, Project Integration Manager Research and Development PT Bio Farma Neni Nuraeny, dan peneliti vaksin Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Retno Ayu Setya Utami.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

BOLA | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings