Logo BeritaSatu

Pembayaran THR, Pemprov DKI Akan Beri Sanksi Tegas jika Perusahaan Bohong

Selasa, 27 April 2021 | 11:39 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.comPemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta mengingatkan perusahaan-perusahaan yang berada di Jakarta untuk membayar tunjangan hari raya (THR) keagamaan kepada pekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika melanggar aturan, termasuk ditemukan berbohong, maka Pemprov DKI akan memberikan sanksi tegas di antaranya mencabut izin usaha dari perusahaan.

“Kalau memang dia mempunyai kemampuan tapi tidak mau membayar otomatis kita akan lakukan teguran tertulis, kita lakukan pembekuan sementara, selanjutnya akan kita cabut izin, sampai kita lakukan pembekuan untuk selamanya,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI, Andri Yansyah di Jakarta, Selasa (27/4/2021).

Beberapa ketentuan yang menjadi acuan dalam pembayaran THR adalah Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

SE itu implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Selain itu, Pemprov DKI juga telah mengeluarkan SE 12/SE/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2021.

Andri mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan memberikan sanksi secara bertahap terhadap perusahaan yang melanggar aturan pembayaran THR. Namun, kata Andri, pihaknya mengedepankan pembinaan dan edukasi sebelum memberikan sanksi yang tegas.

“Yang jelas, sebelum itu kita lakukan (pemberian sanksi), pastinya kita tetap mengedepankan pembinaan, pola pembinaan, insyallah kalau sudah kita panggil, kita beri arahan, insyallah mereka akan ngerti,” ujarnya.

Andri menjelaskan pembayaran THR tahun 2021 ini sebenarnya bukan hanya untuk kesejahteraan para pekerja. Namun, menurut Andri, pembayaran THR kali ini juga bisa menggerakkan perekonomian, khususnya dalam rangka meningkatkan daya beli masyarakat.

“Karena kalau THR itu dibayar, otomatis para pekerja, masyarakat punya uang. Kalau punya uang insyaallah dia akan belanja. Kalau dia belanja kan perputaran ekonomi akan tumbuh. Jadi sangat banyak efeknya,” katanya.

“Kenapa kebijakan itu diambil, seperti itu. Jadi daya beli masyarakat juga meningkat. Toh pekerjanya yang sudah berpuluh-puluh tahun dia mengabdi, untuk kemajuan perusahaan, ya sangat bijak juga memang harus dibayarkan THR-nya,” jelas Andri.

Lebih lanjut, Andri mengatakan Pemprov DKI sudah membuka posko THR untuk menfasilitasi perusahaan dan pekerja. Misalnya jika terjadi ketidaksepakatan soal pembayaran THR baik dari segi waktu maupun jumlah karena dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: 4.371 Pekerja Media Terima Vaksinasi Dosis II, Dewan Pers Apresiasi Pemprov DKI Jakarta

Apabila ada keberatan dari perusahaan maupun pekerja soal THR, kata Andri, posko THR siap menampung dan bersama-sama mencarikan solusi yang terbaik.

“Pengaduan itu kan bisa dari dua pihak, satu dari pekerjanya itu sendiri, kedua pengaduan dari perusahaan itu sendiri. Sampai dengan saat ini, kita terus melakukan sosialisasi, surat Kemnaker, maupun surat edaran Disnaker agar para perusahaan membayar THR sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan sampai saat ini belum ada (yang mengadu), mudah-mudahan tidak ada,” ucap Andri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dukung Kebutuhan Audio, Ini Tips Memilih Earphone Nirkabel

Dukung Kebutuhan Audio, Ini Tips Memilih Earphone Nirkabel

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings