Logo BeritaSatu

Sore Ini, Menlu Retno Hadiri Pertemuan Darurat OKI Bahas Palestina

Minggu, 16 Mei 2021 | 15:20 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dipastikan menghadiri pertemuan darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk membahas agresi Israel terhadap Palestina. Pertemuan digelar Minggu (16/5/2021) sore.

“Betul, sore ini, Bu Menlu akan hadir dalam open-ended emergency meeting OIC (Organisation of Islamic Cooperation) Executive Committee yang akan membahas agresi Israel,” kata Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri, Febrian Alphyanto Ruddyard, saat dihubungi Beritasatu.com.

Advertisement

Pertemuan tersebut digelar atas permintaan Arab Saudi selaku ketua OKI pada 13 Mei 2021. Disebutkan, pertemuan komite eksekutif tingkat menlu itu akan membicarakan agresi Israel di wilayah Palestina khususnya Al-Quds Al-Shareef, dan tindakan kekerasan Israel di sekitar Masjid Al-Aqsa.

Menlu Retno telah melakukan komunikasi telepon secara maraton kepada rekan sejawatnya yaitu para menlu dari kawasan Timur Tengah dan Malaysia. Retno juga sudah meminta dukungan atas isu Palestina kepada tiga anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB) yaitu Menlu Vietnam Phạm Bình Minh, Menlu India Subrahmanyam Jaishankar, dan Menlu Norwegia Ine Eriksen Soreide dalam debat terbuka DK PBB mengenai Timur Tengah termasuk Palestina yang digelar hari ini.

“Saya juga mengirimkan pesan kepada rekan-rekan saya, Menlu Vietnam, India, dan Norwegia, meminta kepemimpinan mereka sebagai anggota tidak tetap DK PBB,” kata Retno lewat pesan di Twitter, Sabtu (15/5/2021).

Setidaknya 145 orang termasuk 41 anak-anak tewas di di Gaza sejak konflik Israel-Palestina dimulai. Sementara hingga Sabtu (15/5/2021), Israel telah melaporkan 10 orang tewas, termasuk dua anak. Pada Sabtu (15/5/2021), Israel menggempur Gaza dan menghancurkan blok menara yang menampung organisasi media berita, sementara roket salvo Palestina menghantam Tel Aviv.

Blok bangunan 12 lantai di Kota Gaza yang dihancurkan oleh serangan udara Israel menampung kantor berita Amerika Serikat (AS) Associated Press (AP) dan operasi media Al Jazeera yang berbasis di Qatar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

NEWS | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings