Logo BeritaSatu

Desa Wisata Simbol Kebangkitan Nasional

Rabu, 26 Mei 2021 | 22:29 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menyatakan, desa wisata sebagai simbol kebangkitan nasional. Oleh karena itu, Kemparekraf mengalakkan program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Dengan mengangkat tema Indonesia Bangkit, program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat.

Rangkaian sosialisasi pun telah dimulai pekan terakhir Mei 2021 ini hingga 25 Juni mendatang. Program sosialisasi ini akan diselenggarakan di Desa Mas, Kampung Wisata Banjar Tarukan, Ubud, Bali yang merupakan perkampungan seniman Ubud yang memiliki potensi besar dalam bidang seni dan budaya yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri.

“Ajang ini merupakan upaya untuk mendorong desa-desa wisata berbenah dan turut serta untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang bertujuan untuk membangkitkan perekonomian sektor wisata di Indonesia," kata Sandiaga pada keterangannya Rabu (26/5/2021).

Anugerah Desa Wisata sebagai program unggulan dan program andalan masyarakat untuk pelaku wisata di Indonesia. Desa wisata menjadi cerminan kebangkitan ekonomi di tengah hantaman pandemi Covid-19 yang juga berimbas pada ekonomi dan wisata.

Kampanye
Tujuan acara ini adalah untuk menyosialisasikan sekaligus mengkampanyekan program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 agar dari 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yakni www.jadesta.com/adwi2021.

Promosi dilakukan langsung oleh Sandiaga Uno bersama Baim Wong selaku public figure sekaligus content creator serta Yudist Ardhana selaku key opinion leader.

Ajang ini mengusung tujuh kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar, di antaranya CHSE, desa digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata, konten kreatif, homestay dan toilet.

Kategori tersebut diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia.

Proses kegiatan tersebut akan dilaksanakan dengan rangkaian promosi, registrasi online, promosi regional, kurasi, pembekalan (workshop), penentuan 50 desa terbaik, visit, penentuan 10 besar, penentuan empat besar, dan malam puncak.

"Semoga pelaksanaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini dapat meningkatkan pengembangan desa wisata baru dan memberikan suguhan menarik kepada wisatawan mancanegara atau pun wisatawan domestik melaui desa-desa wisata di Indonesia," tutup Sandi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

PLN siap mendukung pertumbuhan industri dan bisnis di Jabodetabek melalui pembangunan SUTET 500 kV Bekasi – Muara Tawar.

NEWS | 4 Oktober 2022

Kasus Garuda, Eks Anggota DPR Chandra Tirta Wijaya Dicegah ke Luar Negeri

Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mencegah eks anggota DPR Chandra Tirta Wijaya untuk berpergian ke luar negeri.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Tegaskan Tak Terpengaruh Rumor Politisasi Kasus Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak terpengaruh soal mencuatnya rumor politisasi dalam mengusut kasus Formula E.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dede Yusuf Pertanyakan Aksi Represif Aparat dalam Tragedi Kanjuruhan

Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf mempertanyakan aksi represif aparat keamanan dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

DPR Setujui 9 Komisioner Komnas HAM Periode 2022-2027

DPR menyetujui sembilan nama komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 dalam sidang paripurna yang digelar di gedung DPR, kompleks Parlemen, Jakarta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pangkogabwilhan II Novyan Samyoga Meninggal Dunia, Ini Sosoknya

Kadispenau Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah mengatakan, Marsdya Novyan Samyoga meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto Jakarta karena sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Presiden PKS: Anies Baswedan Mampu Menjadi Simbol Perubahan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mampu menjadi perubahan untuk Indonesia. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut positif langkah Partai Nasdem.

NEWS | 4 Oktober 2022

Masyarakat Papua Diharapkan Tinggalkan Kediaman Lukas Enembe

Masyarakat Papua diharapkan dapat memberi ruang kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dipanggil Polisi, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar diminta kooperatif saat dipanggil polisi. Rizky diminta memenuhi panggilan polisi terkait KDRT yang dia lakukan terhadap sang istri, Lesti Kejora.

NEWS | 4 Oktober 2022

Barang Bukti Kasus Tewasnya Brigadir J, Ada 3 Pistol

Polri melimpahkan barang bukti kasus tewasnya Brigadir J, Salah satu barang bukti yang dilimpahkan, adalah pistol.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings