Logo BeritaSatu

Dua Proyek PLN UIP JBB Resmi Energize, Kelistrikan Banten Makin Andal

Senin, 7 Juni 2021 | 12:24 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Komitmen PLN untuk tak kenal henti melistriki negeri, diwujudkan secara merata di seluruh Indonesia. PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) membuktikannya dengan keberhasilan pelaksanaan pemberian tegangan (energize) proyek Gardu Induk (GI) 150 kV Tangerang Baru II dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Tangerang Baru II - Incomer (Balaraja - Suvarna Sutera) pada Senin (7/6/2021).

“Dengan resminya energize dua proyek ini, maka kelistrikan di wilayah Kabupaten Tangerang akan semakin andal untuk menyokong kebutuhan masyarakat dan industri, khususnya Kecamatan Sindang Jaya, Sindang Asih, Pasar Kemis, Balaraja, dan Cikupa,” ujar General Manager PLN UIP JBB, Ratnasari Sjamsuddin melalui keterangan pers, Senin (7/6/2021).

Advertisement

Tercatat, GI 150 kV Tangerang Baru II sirkuit #2 resmi energize pada pukul 07.42 untuk Bay Line Arah Balaraja, dan pukul 08.07 untuk bay line arah Suvarna. Milestone ini menyusul keberhasilan energize sirkuit #1 yang telah sukses melaksanakan energize pada tanggal 31 Mei lalu. Sementara itu, SUTT 150 kV Tangerang Baru II – Incomer (Balaraja - Suvarna) di hari dan jam yang sama, juga sukses bertegangan pada sirkuit #1 dan #2.

“Untuk bay line arah Balaraja sepanjang 3.002 kms baik sirkuit #1 maupun #2, dan 2.906 kms untuk bay line arah Suvarna,” papar Ratnasari.

Pembangungan GI 150 kV Tangerang Baru II dimulai pada tahun 2017. Terletak di Desa Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Banten. GI konvensional ini terdiri dari 2 Bay Line arah Lontar, 2 bay Line arah Suvarna Sutera, 2 Bay line Arah Balaraja, 1 bay coupler dan bay line trafo dengan kapasitas 2 x 60 MVA.

“Lokasinya terpencil dan jauh dari pemukiman penduduk, sehingga akses ke lokasi menjadi tantangan tersendiri bagi kami dalam pembangunannya,” jelas Ratnasari.

Sementara itu, SUTT 150 kV Tangerang Baru II – Incomer (Balaraja - Suvarna) yang juga berlokasi di Kecamatan Sindang Jaya ini, merupakan jalur transmisi baru sebanyak 10 tower tipe lattice yang terdiri dari 4 sirkit. Saluran transmisi ini dibangun dengan memotong jalur eksisting SUTT 150 kV Balaraja - Suvarna. Sehingga jalur transmisi ini nantinya akan menghubungkan GI 150 kV Balaraja – GI 150 kV Tangerang Baru II – GIS 150 kV Suvarna Sutera.

“Karena memotong jalur eksisting, tentunya pemadaman tidak bisa dihindari, yaitu pada jalur SUTT 150 kV Balaraja - Suvarna yang merupakan jalur utama (backbone) suplai listrik pada subsistem Balaraja – Lontar - Kembangan di sistem kelistrikan Jawa-Bali. Jadi pemadaman hanya bisa dilakukan pada akhir pekan saat beban rendah, karena kami berupaya untuk tidak mengganggu pasokan listrik bagi masyarakat,” ungkap Ratnasari.

Total diperlukan enam kali pemadaman mulai dari erection tower sampai dengan potong sambung di tower incomer tersebut. Kedua proyek ini dibangun dalam rangka pemenuhan kebutuhan listrik di wilayah Banten yang meningkat pesat, sehingga mengharuskan adanya pasokan listrik baru, yang berasal dari PLTU Lontar Unit 4 yang masih dalam masa konstruksi. Untuk itu, diperlukan adanya infrastruktur baru yang dapat berfungsi untuk menyalurkan listrik ke pelanggan.

Sebagai salah satu jalur transmisi outlet yang akan menghubungkan PLTU Lontar Unit 4 ke subsistem Balaraja – Lontar - Kembangan melalui SUTT 150 kV Balaraja – Suvarna, adanya pembangunan ini akan semakin meningkatkan keandalan listrik. “SUTT yang kami bangun ini, juga dapat melayani beban yang ditampung jalur transmisi SUTT 150 kV Balaraja – Suvarna – Cikupa,” kata Ratnasari.

Resmi teraliri listrik, kedua proyek ini semakin siap untuk dinikmati pelanggan. Ratnasari berharap, keberadaan dua infrastruktur yang terletak di wilayah jauh dari pemukiman ini justru bisa menjadi solusi bagi daerah di sekitarnya yang belum teraliri listrik secara optimal. “Dengan tercukupinya pasokan listrik, semoga menjadi pendorong penggerak roda perekonomian masyarakat, pembangunan, dan industri,” ujarnya.

Keberhasilan PLN UIP JBB dalam melaksanakan energize pada dua proyek ini, merupakan buah dari kerja keras untuk terus melistriki meski pandemi belum dinyatakan berakhir. “Kami selalu tekankan untuk bekerja dengan aman dan berhati-hati, serta selalu patuh protokol kesehatan. Karena bagaimanapun, kebutuhan listrik tidak bisa menunggu lama, semua harus tetap bergerak demi Indonesia yang semakin terang,” tandas Ratnasari.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

EKONOMI | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings