Logo BeritaSatu

Koramil Hitadipa Dipindahkan, Bangunan Sekolah Kembali Difungsikan untuk Kegiatan Belajar

Minggu, 4 Juli 2021 | 17:22 WIB
Oleh : Fana F Suparman / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Bangunan sekolah yang sempat dijadikan Pos Sementara Koramil Persiapan Hitadipa dan personel Yonif R 501 di Intan Jaya, Papua, sepenuhnya telah dikosongkan. Saat ini, bangunan tersebut sudah diserahterimakan kembali kepada Kepala Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Persekutuan Gereja-geraja Indonesia (SD YPPGI).

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi Pasaribu berharap dengan geliat pendidikan di Hitadipa, Intan Jaya dapat segera berangsur pulih seiring dikembalikannya bangunan SD tersebut.

“Pada pertemuan dengan KSAD pada Kamis, 24 Juni 2021, banyak agenda yang dibicarakan. Salah satunya LPSK mendorong agar Koramil Persiapan Hitadipa, Intan Jaya tidak lagi menempati gedung sekolah,” kata Edwin di Jakarta, Minggu (4/7/2021).

Informasi yang diterima, bangunan itu telah diserahterimakan oleh Danramil Persiapan Hitadipa kepada Kepala SD YPPGI Hitadipa. Proses penyerahan telah dilakukan pada hari Sabtu (3/7/2021) dalam kondisi aman. Saat ini, bangunan SD tersebut sepenuhnya telah kosong dan siap untuk digunakan kembali oleh masyarakat untuk kegiatan belajar.

Sebagai pengganti lahan Koramil Hitadipa, Bupati Intan Jaya sudah melepaskan adat kepada Kodam XVII berupa lahan seluas 1.250 meter persegi yang berlokasi di Sugapa Lama, sekitar 1,5 kilometer dari Hitadipa ke arah Sugapa. Lahan tersebut kini sudah didaftarkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Nabire untuk disertifikasi.

Menurut Edwin, pemulihan kondisi sosial masyarakat di wilayah Hitadipa, dapat dimulai dengan mengembalikan sejumlah sarana prasarana umum ke fungsinya semula. Salah satunya bangunan yang sempat dijadikan Pos Koramil Persiapan Hitadipa, fungsinya dikembalikan untuk kegiatan belajar bagi anak-anak di wilayah Hitadipa.

Rekomendasi perpindahan koramil persiapan dari bangunan sekolah itu, kata Edwin, sebelumnya juga termuat dalam laporan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) pada kasus dugaan penembakan terhadap Pendeta Yeremia. Kemudian, lanjutnya, saat LPSK bertemu langsung dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, hal tersebut kembali disampaikan.

“Kita apresiasi sikap cepat tanggap yang ditunjukkan KSAD. Tidak lama setelah pertemuan LPSK dengan KSAD, kita mendapatkan informasi bahwa bangunan SD itu telah dikosongkan sepenuhnya dan diserahterimakan kembali kepada pengelolanya untuk difungsikan kembali menjadi tempat belajar,” ujar Edwin.

Edwin menambahkan LPSK terus mengingatkan pentingnya pemulihan kondisi sosial masyarakat Hitadipa yang tidak langsung menjadi korban dari konflik berkepanjangan, khususnya hak anak-anak di sana untuk mengenyam pendidikan.

“Tidak hanya keamanan, negara juga harus mampu menjamin keberlangsungan pendidikan bagi anak-anak di sana,” kata Edwin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

NEC Indonesia akan Tampilkan Solusi Keuangan Digital di WFIS 2022

PT NEC Indonesia (NEC Indonesia) akan menampilkan solusi keuangan digitalnya termasuk solusi electronic Positive Identification (ePID)di gerai NEC pada acara “World Financial Innovation Series (WFIS) 2022” yang akan digelar pada 4-5 Oktober 2022 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Moeldoko Sebut Lahan di Bima Cocok untuk Budidaya Sorgum

Moeldoko menyebutkan lahan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) dinilai cocok untuk budidaya tanaman sorgum.

NEWS | 4 Oktober 2022

Nasdem Calonkan Anies, Wagub Riza: Itu Hak Setiap Parpol

Nasdem mengusung Gubernur Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Wagub Riza menilai, keputusan itu merupakan hak setiap parpol.

NEWS | 4 Oktober 2022

Anies Maju Capres 2024, Wagub: Saya Dukung Prabowo

Anies Baswedan dicalonkan sebagai presiden pada Pemilu 2024. Namun, Wagub DKI Riza Patria hanya akan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

NEWS | 4 Oktober 2022

Capaian Vaksinasi Rendah, Alasan Pemerintah Perpanjang PPKM

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM, baik di Jawa-Bali maupun di luar Jawa-Bali, salah satu alasannya karena vaksinasi Covid-19 masih rendah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pengamat Militer: Oknum Prajurit TNI “Tendangan Kungfu” Harus Disanksi Tegas

Khairul Fahmi meminta agar oknum prajurit TNI yang melakukan kekerasan “tendangan kungfu” diberi sanksi tegas.

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Pastikan Pencapresan Anies Baswedan Tidak Terkait Isu di KPK

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menegaskan langkah pencapresan Anies Baswedan tidak terkait dengan isu dugaan kasus korupsi Formula E Jakarta di KPK.

NEWS | 4 Oktober 2022

Besok, Ferdy Sambo Dkk Dilimpahkan ke Kejari Jaksel

Polri akan melimpahkan Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

NEWS | 4 Oktober 2022

Stok Habis, Vaksinasi Covid-19 Kota Bogor Dihentikan Sementara

Seluruh sentra vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), dihentikan sementara, karena stok vaksin tak tersedia.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Buka Peluang Ungkap Hasil Penyelidikan Kasus Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang untuk mengungkapkan hasil yang diperoleh dalam proses penyelidikan kasus Formula E Jakarta.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Centratama Borong 397 Menara PTAC Senilai Rp 1,17 Triliun

Centratama Borong 397 Menara PTAC Senilai Rp 1,17 Triliun

EKONOMI | 31 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings