Logo BeritaSatu

Kapal Pesiar Super Mulai Berlayar dari Saudi

Senin, 2 Agustus 2021 | 07:24 WIB
Oleh : Grace El Dora / EHD

Riyahd, Beritasatu.com - Sebuah kapal pesiar super telah meninggalkan perairan Arab Saudi untuk pertama kalinya. Kapal tersebut berlayar ke perairan regional ketika kerajaan berusaha untuk memperluas industri pariwisata dan mendiversifikasi ekonominya yang bergantung pada sektor perminyakan.

MSC Bellissima, kapal yang panjangnya lebih dari tiga lapangan sepak bola, pertama kali diberangkatkan dalam serangkaian pelayaran dari Jeddah Islamic Port ke Aqaba di Yordania dan Safaga di Mesir.

Peluncuran layanan dilakukan pada Jumat (30/7/2021), dua hari setelah pemerintah Arab Saudi membuka terminal kapal pesiar pertamanya di pelabuhan Jeddah, wilayah pantai barat kerajaan.

"Peresmian pelabuhan kapal pesiar pertama merupakan langkah penting ... untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di kerajaan," kata direktur pelaksana Cruise Saudi Fawaz Farooqi pada akhir pekan lalu, dikutip oleh Saudi Press Agency.

Mengembangkan sektor pariwisata dan rekreasi merupakan salah satu landasan "Visi 2030" oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Ia berencana mempersiapkan ekonomi terbesar di dunia Arab untuk era pasca-minyak.

Negara Teluk tersebut memberlakukan keputusan penting pada 2019 untuk menawarkan visa turis, melonggarkan aturan yang sebagian besar telah membatasi kunjungan para wisatawan bisnis dan peziarah Muslim.

Warga dari 49 negara, sebagian besar Eropa, telah memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan mengunjungi kerajaan, yang memiliki populasi sekitar 35 juta jiwa.

Dibangun di Prancis, MSC Bellissima memiliki panjang 315 meter (m) dan memiliki kapasitas 4.500 penumpang, menjadikannya salah satu kapal pesiar terbesar di dunia.

Kapal tersebut pertama kali diluncurkan pada 2019 dan dioperasikan oleh MSC Cruises yang berbasis di Swiss, memulai 21 perjalanan hingga 30 Oktober.

Industri yang Terpukul Covid-19

Kapal raksasa ini memiliki berbagai fasilitas, termasuk kolam renang, pusat kebugaran, restoran, kafe, dan ruang dansa.

Harga perjalanan mulai dari 2.195 riyal Saudi (sekitar US$ 585), menurut agen perjalanan, dengan beberapa tujuan perjalanan termasuk Luxor di Mesir dan Petra di Yordania.

Cruise Saudi, yang dimiliki oleh Dana Investasi Publik (PIF) kerajaan, juga mencapai kesepakatan pada April dengan MSC Cruises untuk meluncurkan pelayaran musim dingin antara November 2021 dan Maret 2022.

Pelayaran ini akan dimulai dari Jeddah dan Dammam di pantai Teluk timur Arab Saudi dengan harapan menarik 170.000 tamu.

Industri pelayaran global telah terpukul parah sebagai akibat dari pandemi virus corona, sejauh ini mengakibatkan kematian lebih dari empat juta orang di seluruh dunia.

Pemerintah Saudi mempercepat upaya vaksinasi Covid-19 nasional saat bergerak untuk menghidupkan kembali pariwisata serta menjadi tuan rumah acara olahraga dan hiburan.

Pada Kamis (29/7), kerajaan mengumumkan bahwa pihaknya akan membuka pintu untuk pengunjung yang telah divaksinasi penuh.

Awak MSC Bellissima tinggal di karantina selama 14 hari sebelum perjalanan Jumat, menurut televisi negara Saudi.

Sejak menjadi pemimpin de facto pada 2017, Pangeran Mohammed telah memperkenalkan perubahan ekonomi dan sosial yang luas. Di antaranya mengizinkan perempuan mengemudi, pembukaan kembali bioskop, mengizinkan konser musik campuran gender, dan pilihan hiburan lainnya.

Tetapi secara bersamaan, sang pangeran telah meluncurkan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat dan kebebasan berbicara, menangkap aktivis perempuan, ulama, dan jurnalis serta anggota keluarga kerajaan. (afp/eld)



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Muhidin Said


# Roy Suryo


# Partai Buruh


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Strategi BKKBN Cegah Bayi Alami Stunting

Ini Strategi BKKBN Cegah Bayi Alami Stunting

LIFESTYLE | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings