Logo BeritaSatu

Hadapi Varian Delta, Tiongkok Membatasi Perjalanan ke Luar Negeri

Rabu, 4 Agustus 2021 | 19:51 WIB
Oleh : Grace El Dora / LES

Beijing, Beritasatu.com – Pemerintah Tiongkok pada Rabu (4/8/2021) memperketat pembatasan perjalanan ke luar negeri bagi warganya sebagai bagian dari upaya menahan peningkatan kasus Covid-19 khususnya varian Delta. Sebelumnya, pergerakan orang juga dibatasi di Tiongkok dengan transportasi lokal ditutup dan perintah tinggal di rumah diberlakukan untuk banyak tempat di sejumlah kota.

Pemerintah negara tersebut sebelumnya membanggakan keberhasilan dalam menghentikan Covid-19 menyebar di dalam negeri, dengan lockdown pada tahap awal ditambah kontrol ketat perbatasannya. Tetapi kampanye tes massal baru-baru ini telah menemukan infeksi varian Delta melintasi kota-kota di Tiongkok.

Wabah terbaru ini mengancam pemulihan ekonomi negara dan menunda kembali ke kehidupan normal. Sejak pertengahan Juli, hampir 500 kasus domestik telah dilaporkan.

Pemerintah daerah telah melakukan tes virus untuk seluruh kota dan mengunci jutaan penduduk. Angka resmi pada Rabu mengungkapkan, 71 kasus infeksi baru atau terbanyak sejak Januari, tetapi masih dengan beban kasus rendah meskipun wabah menyebar ke puluhan kota.

Wabah dimulai ketika infeksi di antara penumpang dalam penerbangan dari Moskow menyebar ke petugas kebersihan di Nanjing, Provinsi Jiangsu, menunjukkan kelemahan tindakan penahanan di perbatasan negara yang sudah ketat.

Otoritas imigrasi Tiongkok pada Rabu mengumumkan, akan berhenti mengeluarkan paspor biasa dan dokumen lainnya yang diperlukan untuk keluar dari dalam negeri jika dinilai tidak penting dan tidak darurat.

Itu belum berarti larangan bepergian ke luar negeri untuk masyarakat Tiongkok.

Pejabat imigrasi Liu Haitao mengatakan pada konferensi pers, mereka yang memiliki kebutuhan nyata untuk belajar di luar negeri, bekerja, dan berbisnis akan tetap mendapatkan dokumen setelah verifikasi.

Awak asing di ratusan kapal telah dilarang turun dan mengubah sif di pelabuhan Tiongkok.

Pemerintah pusat juga telah memerintahkan daerah untuk melarang angkutan umum dan taksi masuk dan keluar daerah yang terkena wabah, kementerian transportasi mengatakan pada konferensi pers yang sama.

Kota Wuhan, tempat virus pertama kali muncul pada 2019, melaporkan infeksi lokal pertamanya dalam lebih dari setahun minggu ini. Pihak pemerintah kota mengatakan pada Selasa (3/8/2021) telah dengan cepat meluncurkan tes terhadap 11 juta penduduk.

Antrean panjang penduduk menunggu di pusat tes luar ruangan di musim panas pada Selasa. Orang-orang mengipasi diri sendiri dengan formulir kertas, sementara pekerja dengan jas hazmat mengambil sampel tenggorokan.

Di Beijing, di mana pemerintah kota melaporkan tiga kasus virus baru pada Rabu, pihak berwenang memblokir pintu masuk ke kompleks tempat salah satu pasien tinggal. Sementara penduduk menjangkau melewati pagar untuk menerima paket dari pegawai pengiriman.

Pemerintah daerah Nanjing telah menguji 9,2 juta penduduknya tiga kali, setelah menutup pusat kebugaran dan bioskop serta menutup kompleks-kompleks perumahan.

Tempat tujuan wisata Zhangjiajie di Provinsi Hunan tengah tiba-tiba mengumumkan pada Selasa bahwa tidak ada yang diizinkan keluar kota, setelah muncul sebagai hotspot infeksi. Sebelumnya, sejumlah wisatawan yang berkunjung telah terinfeksi saat menghadiri pertunjukan teater di Nanjing.

Sementara itu, otoritas Shanghai sedang menyelidiki kasus Delta yang terdeteksi pada seorang pekerja bandara minggu ini.

Pihak berwenang mengatakan pada Rabu bahwa infeksi itu tidak terkait dengan kasus domestik lainnya. Mereka mencurigai pekerja telah terpapar setelah melepas peralatan pelindung saat berada di area yang terkontaminasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Hendi: Beliau Orang Baik

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Hendi: Beliau Orang Baik

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings