Logo BeritaSatu

Implementasi Otsus Papua, Dirjen Otda: Perlu Peningkatan SDM

Senin, 9 Agustus 2021 | 20:27 WIB
Oleh : CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Akmal Malik menyatakan diperlukan peningkatan kapasitas sumber daya Mmanusia (SDM) untuk implementasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus (otsus) Papua. Peningkatan kapasitas SDM, kata Akmal, dilakukan secara berkala.

“Kesimpulan dari evaluasi Kemdagri, perlu dilakukan peningkatan kapasitas SDM pengelola secara berkala,” kata Akmal dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Advertisement

Hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh Kemdagri sejak tahun 2008-2018 juga menunjukkan bahwa perlu dilakukan penguatan kelembagaan, perbaikan mekanisme penyaluran dana otsus, serta mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dari proses implementasi kebijakan oleh para pelaksana kepada publik.

“Permasalahan yang dihadapi adalah tata kelola yang belum baik, adanya permasalahan transparansi, dan lain sebagainya," ungkap Akmal.

Permasalahan lain yang ditemukan dalam proses evaluasi yang telah dilakukan adalah keberadaan peraturan daerah khusus (perdasus) dan peraturan daerah provinsi (perdasi) yang tidak selaras dengan peraturan-peraturan dari kementerian-kementerian teknis.

Oleh karena itu, guna menangani permasalahan tata Kelola, khususnya yang terkait dengan penggunaan dana otsus, pemerintah telah menciptakan peraturan pemerintah (PP). Regulasi ini bertujuan untuk memperjelas tata kelola dalam implementasi UU Otsus untuk 20 tahun ke depan, serta dapat menampilkan kejelasan terkait pemanfaatan dana otsus.

Melalui peraturan tersebut, pemerintah berharap agar dana otsus dapat tertuju langsung kepada kelompok masyarakat yang merupakan sasaran dari UU Otsus. Adapun kelompok masyarakat yang menjadi sasaran dari UU Otsus adalah orang asli Papua (OAP) yang berlokasi di kabupaten, kota, hingga wilayah perkampungan di Papua.

“Itulah kenapa kita buatkan khusus PP tentang tata kelola pemda dalam penanganan otsus. Tujuannya agar lebih tepat sasaran,” kata Akmal.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

NEWS | 20 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings