Logo BeritaSatu

Wamen LHK: Komitmen Indonesia di NDC untuk Jaga Lingkungan Hidup

Rabu, 18 Agustus 2021 | 23:44 WIB
Oleh : Ridho Syukro / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong mengatakan, komitmen Indonesia yang diwujudkan dalam Nationally Determined Contributions (NDC) merupakan bagian dari penjagaan lingkungan hidup yang baik dan berkelanjutan.

"Indonesia terlibat dalam permasalahan iklim global ini juga merupakan bagian dari kebijakan politik luar negeri dan ikut menjaga perdamaian dunia," kata Alue Dohong, saat mendampingi Menteri Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya dalam diskusi virtual dengan jajaran Berita Satu Media Holding (BSMH), Rabu (18/8/2021).

Updated NDC Indonesia, lanjut Alue Dohong, sebenarnya tidak ambisius karena menambah lagi di sektor adaptasinya. "Adaptasi dan mitigasi sama penting bagi Indonesia, karena di negara lain lebih fokus pada mitigasi saja," katanya.

Indonesia, lanjut Alue Dohong, sudah meratifikasi Paris Agreement lewat Undang Undang Nomor 16 tahun 2016, artinya wajib berpatisipasi dalam menurunkan iklim global tetapi NDC bersifat komitmen serius.

"Negara lain khususnya negara maju mendorong net zero emission pada 2050, sementara Indonesia paling lambat 2060," kata Alue Dohong.

Disebutkan, anggaran untuk mencapai target tersebut dengan upaya sendiri sebesar 29% pada tahun 2030 mencapai Rp 3.950 triliun. "Itu hitungan moderatnya, sementara dana APBN dari 2015 saat ini baru 34% berkontribusi, karena APBN hanya menyediakan Rp 1.043 triliun," katanya.

"Sisanya harus dicari dari sumber lain seperti skema Red Plus, dan kontribusi ekonomi karbon yang mulai dijalankan dan partisipasi sektor swasta dari energi baru dan terbarukan. Sementara untuk mencapai net sink pada 2030 diperlukan dana Rp 259 triliun," tambah Alue Dohong.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cedera, Muhammad Ferarri Tak Tampil di Laga Lawan Brunei

Cedera, Muhammad Ferarri Tak Tampil di Laga Lawan Brunei

BOLA | 16 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings