Logo BeritaSatu

Ini Aneka Fitur WhatsApp Web yang Memudahkan Penggunanya

Jumat, 27 Agustus 2021 | 09:13 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Hampir semua pengguna smartphone telah menggunakan aplikasi Whatsapp (WA). Kini, akun Whatsapp Anda masih bisa diakses melalui platform lainnya yaitu web, yang bisa dibuka di komputer atau laptop. Aplikasi WA web ini melengkapi pemakaian WA mobile di smartphone.

Anda bisa melakukan chatting di aplikasi Whatsapp melalui web dengan tampilan yang lebih lebar, karena ukuran layarnya lebih besar. Fungsinya kurang lebih sama dengan WA mobile, walaupun terdapat beberapa hal yang berbeda di antara keduanya.

Fitur yang terdapat pada WA web
Seperti dikutip dari suratkabar.id sama halnya dengan WA mobile, Anda juga bisa mengirim pesan atau chat di Whatsapp web. Selain itu hampir semua fitur di WA mobile juga sama dengan fitur yang terdapat pada Whatsapp web. Namun pada Whatsapp web ini tidak ada fitur suara/video.

Fitur yang terdapat pada Whatsapp web yaitu sebagai berikut:
1. Pintasan emoji
Ikon emoji berada tepat di sebelah kolom teks untuk chatting di Whatsapp web. Namun ada pintasan atau shortcut yang memudahkan Anda, sehingga Anda tidak perlu membuka emoji melalui tabnya.

Untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengetikkan 2 huruf pertama dari jenis emoji yang Anda ingin gunakan pada kolom pencarian. Kemudian teksnya akan diganti oleh emoji yang Anda maksud. Baki dari emoji itu sendiri juga akan muncul di bagian atas untuk kemudian Anda pilih.

2. Emoticon ke emoji
Shortcut lainnya yang bisa Anda gunakan di Whatsapp web adalah dengan mengetikkan emoticon-nya. Pengguna Whatsapp yang sudah menjadi pengguna setia sejak dahulu tentu sudah tidak asing dengan jenis emoticon yang ada dan representasinya.
Emoticon pilihan ini apabila diketikkan maka akan berubah dengan otomatis menjadi emoji yang dimaksud. Contohnya ketik (y) maka akan berubah menjadi emoji jempol ke atas, ikon (n) untuk emoji jempol ke bawah, :* untuk emoji cium, dan sebagainya.

3. Menggunakan 2 Akun Web Whatsapp
Apabila Anda memiliki dua akun Whatsapp maka Anda juga bisa membuka keduanya di WA web. Anda bisa menggunakan beberapa jenis browser atau peramban untuk membuka akun Whatsapp tersebut. Misalnya gunakan Chrome untuk akun Whatsapp yang satu dan gunakan Mozilla untuk akun Whatsapp lainnya.

4. Adanya mode gambar di dalam gambar atau PiP
Whatsapp web juga telah didukung oleh mode Picture-in-Picture untuk video di platform lainnya seperti di YouTube, Facebook, dan juga Instagram.

Fitur yang satu ini akan memungkinkan Anda untuk menonton video secara langsung, tanpa harus keluar dari aplikasi. Namun jika fitur ini dipakai di Whatsapp web memang agak rumit, karena diperlukan waktu untuk membuka tautan tersebut.
Apabila kotak videonya tidak muncul di sana maka tunggu saja dalam waktu beberapa detik, nanti akan muncul video yang dimaksud.

Tips aman menggunakan Whatsapp web
Pada saat Anda menginstall aplikasi Whatsapp web di komputer dekstop atau laptop maka siapapun yang membuka PC/laptop Anda akan bisa mengakses akun Whatsapp di sana. Kecuali jika Anda menerapkan password atau kata sandi di komputer Anda.

Namun jangan sampai Whatsapp web yang Anda gunakan menjadi konsumsi publik. Disarankan setelah selesai menggunakan aplikasi Whatsapp web sebaiknya langsung log out akun Anda. Caranya yaitu dengan mengklik menu yang bentuknya titik tiga pada bagian kanan atas kemudian pilih menu log outdi sana.

Hal ini akan meminimalisir penggunaan Whatsapp web di PC/laptop Anda, yang bisa saja disalahgunakan oleh orang lain.
Untuk itu, pemakaian WA web di komputer atau laptop tetap aman dan Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun secara keseluruhan, Whatsapp web ini memberi banyak manfaat untuk para pengguna Whatsapp.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 3 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings