Logo BeritaSatu

Mercedes Benz, BMW, dan Audi Mundur, Politikus PSI: Formula E Tidak Menarik Lagi

Rabu, 1 September 2021 | 21:48 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Anggara Wicitra Sastroamidjojo menilai Formula E 2022, tidak menarik lagi. Hal ini menyusul mundurnya Mercedes Benz dari keikutsertaan balap mobil listrik. Terlebih, absennya Mercedes sebagai juara tim dan pembalap Formula E musim ini merupakan pengunduran perusahaan otomotif ketiga, setelah BMW dan Audi pada Desember 2021.

Menurut Anggara, Pemprov DKI Jakarta perlu berkaca dari hengkangnya tiga perusahaan otomotif ini. “Ini peringatan keras untuk Gubernur Anies yang masih saja ngotot mau menyelenggarakan Formula E Jakarta. Dengan keluarnya tiga perusahaan raksasa otomotif ini sulit mendapatkan keuntungan dari penyelenggaraan Formula E. Terlalu berisiko tidak balik modal, bahkan rugi besar,” kata Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta tersebut, Rabu (1/9/2021).

Advertisement

Menurut Anggara, klaim Anies bahwa penyelenggaraan Formula E Jakarta berpotensi untung Rp 1,2 triliun untuk daerah, harus dikaji ulang dengan kondisi pandemi. Demikian pula absennya tiga nama besar di dunia otomotif balap mobil.

“Ini bukan analisa kami semata, tapi Mercedes Benz mengatakan mundur karena Formula E sudah tidak lagi memberikan keuntungan dari segi transfer teknologi maupun dari segi pemasaran. Jelas ini membuat pamor Formula E semakin anjlok dan akhirnya resiko kerugian penyelenggaraan semakin tinggi,” ujar Anggara.

Anggara menilai Jakarta sepatutnya mengikuti langkah tiga negara yang batal menyelenggarakan Formula E pada 2021 akibat pandemi Covid-19, yakni Cina, Prancis, dan Korea Selatan. Selain itu Anggara mengingatkan semua langkah akan diupayakan agar Jakarta tidak mengalami kerugian besar seperti yang dialami Formula E Montreal pada 2017.

Oleh karena itu, Anggara menegaskan Fraksi PSI terus mendorong interpelasi agar warga Jakarta. “Kami sudah berkali-kali dan tidak lelah untuk terus bertanya dalam berbagai forum tanya jawab dengan Gubernur Anies, seperti pandangan umum, tapi belum juga mendapatkan jawaban yang memuaskan. Interpelasi adalah hak demokrasi kami untuk memastikan uang rakyat tidak dihambur-hamburkan,” demikian Anggara.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Partai Republik Satu Lewati Tahap Awal Pendaftaran

Partai Republik Satu Lewati Tahap Awal Pendaftaran

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings