Logo BeritaSatu

Dirjen Otda Prihatin dan Geram terhadap Perilaku Buruk Kepala Daerah

Kamis, 2 September 2021 | 21:45 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Akmal Malik mengaku geram dan merasa prihatin terhadap perilaku buruk sejumlah kepala daerah, di tengah pemerintah bekerja keras mengendalikan pandemi Covid-19. Padahal, pembekalan kepada kepala daerah atau pemimpin daerah sudah dilakukan berhari-hari, ternyata semua wawasan yang diberikan dalam pembekalan tidak menempel di kepala mereka.

“Kita juga sangat, sangat membenci dan geram dengan kondisi-kondisi seperti ini,” kata Akmal dalam diskusi publik bertema “Krisis Kepemimpinan Daerah di Tengah Pandemi Covid-19” yang digelar KPPOD secara virtual, Kamis (2/9/2021).

Advertisement

“Ya untuk memerangi perilaku buruk itu, kita harus bersama-sama bergerak untuk mengatasi pandemi ini. Semua orang terdampak. Jangan dikira cuma anggaran pemerintah daerah saja yang dilakukan rasionalisasi, semua juga melakukan itu. Tapi kita harus bekerja sama dalam kondisi krisis seperti ini,” ujar Akmal.

Akmal mengungkapkan sistem kebijakan desentralisasi atau otonomi daerah di Indonesia saat ini sedang diuji oleh pandemi Covid-19. Sebab, penanganan pandemi ini membutuhkan gerakan dan langkah bersama, serta kesamaan cara pandang.

Apalagi, lanjutnya, dalam konteks penyelenggaraan pemerintah baik pusat maupun daerah melibatkan banyak sekali stakeholder dengan presiden sebagai penanggung jawab terakhir penyelenggaraan pemerintah. Stakeholder itu terdiri dari 34 gubernur, 416 bupati dan 98 wali kota, lalu 7.230 camat, 8.400 lurah dan 74.000 kepala desa. Mereka semua harus menyamakan frekuensi, langkah dan tindakan agar bersama-sama bisa menyelesaikan pandemi ini.

“Dalam kondisi banyak aktor, memang tidak mudah untuk menyamakan persepsi. Aturan sudah sangat jelas, mulai dari konstitusi, undang-undang, peraturan pemerintah dan sebagainya. Tetapi tidak semua stakeholder memahami betapa pandemi ini menimbulkan dampak yang luar biasa bagi tata kelola pemerintahan kita,” kata Akmal.

Oleh karena itu, Akmal mengapresiasi seluruh masyarakat sipil yang terus mengawasi para kepala daerah, dan menjadi aktor penyelenggaraan pemerintahan dalam bekerja. Akmal, bahkan mengapresiasi media yang memberitakan perilaku tidak baik kepala daerah.

“Kami sangat mengapresiasi media yang terus memberitakan perilaku-perilaku tidak baik, karena merupakan sanksi yang luar biasa bagi mereka yang melakukannya. Ini bagus bagi kami pemerintah. Ini vitamin bagi kami. Kritik dalam nuansa demokrasi adalah vitamin bagi kami untuk memperbaiki diri,” papar Akmal.

Dalam beberapa pemberitaan, ungkapnya, publik diberitahukan perilaku tidak baik kepala daerah yang tidak sesuai dengan norma kepatutan. Diakuinya, dalam kondisi seperti ini memang bukan hal yang mudah untuk membuat para kepala daerah bekerja sesuai dengan kesepakatan.

“Dalam kondisi normal saja, kita masih menemukan banyak sekali pihak-pihak yang bekerja yang tidak sesuai dengan aturan yang dibuat. Di sinilah leadership seseorang diuji,” papar Akmal.

Melalui pemberitaan, kata Akmal, merupakan bukti masyarakat dan media melakukan pengawasan terhadap kebijakan dan kinerja kepala daerah. Dengan begitu, ketika ada kebijakan atau perilaku yang tidak sesuai norma kepatutan dalam menjalankan pemerintahan, pemberitaan dapat menjadi sanksi bagi pelaku sekaligus pengingat bagi kepala daerah lainnya.

“Kalau kami, memberikan sanksi paling hanya teguran. Sudah sangat banyak teguran, surat cinta yang kami berikan kepada kepala daerah. Kami tidak bisa melakukan pemberhentian, karena kepala daerah dipilih langsung oleh masyarakat. Jadi, pemberitaan merupakan sanksi yang luar biasa,” tegas Akmal.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

NEWS | 22 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings