Logo BeritaSatu

Korban Kasus Dugaan Pelecehan Pegawai KPI Pernah Lapor Komnas HAM

Jumat, 3 September 2021 | 16:36 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menyebut korban kasus dugaan pelecehan dan perundungan oleh oknum pegawai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), pernah menyampaikan laporan ke Komnas HAM. Laporan itu disampaikan pada Agustus 2017. Komnas HAM menyarankan korban untuk membuat laporan polisi.

“Memang tahun 2017, tepatnya bulan Agustus korban sudah mengadu ke Komnas via email dan kemudian direspons oleh Komnas HAM September 2017. Setelah menganalisa, kemudian kami menyarankan korban untuk melapor ke kepolisian karena ada indikasi tindakan pidana,” ujar Beka Ulung, Jumat (3/9/2021).

Beka menuturkan Komnas HAM menangani perkara ini Kembali, karena melihat adanya dugaan pembiaran dan korban tidak ditangani dengan baik.

“Karena kami melihat ada dugaan pembiaran dan korban tidak ditangani dengan baik. Sehingga pertama berulang dan yang kedua juga berakibat kepada soal psikis, trauma, terus juga fisiknya karena pernah ada upaya ke dokter berapa kali untuk menyembuhkan penyakitnya, termasuk ke pskiater juga. Itu yang kemudian kenapa kami memutuskan untuk secepatnya menangani kasus ini, supaya keadilan dan pemulihan korban juga diperoleh,” ungkapnya.

Beka mengatakan Komnas HAM akan mengupayakan memberikan perlindungan keamanan, berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Komnas HAM juga akan memberikan pendampingan dan memulihkan trauma yang dialami korban.

“Nantinya kemudian soal keadilan ini kan banyak misalnya soal proses hukum, kepastian soal proses hukum yang dijalankan, bagaimana kemudian pasal-pasalnya, fakta-faktanya seperti apa, sampai kemudian proses pengadilan yang fair, transparan, dan juga adil kepada korban. Karena ini lagi-lagi kekerasan seksual yang tipologinya berbeda,” katanya.

Komnas HAM, kata Beka, juga akan membantu pemulihan terhadap korban dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman serta aman.

“Trauma ini juga bukan hanya korban, tapi juga keluarga korban karena ini kan tekanan publik segala macam sangat banyak. Juga nantinya ke depan kita memikirkan soal pekerjaan, soal kesehatan, bagaimana perawatan kesehatan, kira-kira seperti itu,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hari Ini Ada 25 Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Senin (3/10/2022) tersisa 25 orang.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mendes PDTT Sampaikan Duka Cita

Mendes PDTT menyampaikan bela sungkawa dan duka cita mendalam atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Ahli Waris Tragedi Kanjuruhan, Dapat Santunan Rp 15 Juta

Pemerintah memberi perhatian kepada korban tragedi Kanjuruhan, Kabupaten Malang dengan memberikan santunan kepada ahli waris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Jokowi Santuni Keluarga Para Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan santunan sebesar Rp 50 juta kepada masing-masing keluarga korban tewas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pemerintah Santuni 125 Ahli Waris Tragedi Kanjuruhan

Pemerintah memberikan santunan ahli waris kepada korban Tragedi Kanjuruhan, di Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tak Ingin Tragedi Kanjuruhan Terulang, Presiden PKS Dorong Evaluasi Menyeluruh

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu tak menginginkan tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 3 Oktober 2022

KPK Duga Rektor Unila secara Sepihak Batasi Kuota Penerimaan Maba

KPK mendalami dugaan Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani secara sepihak membatasi kuota penerimaan mahasiswa baru (maba)

NEWS | 3 Oktober 2022

Gocekan Jawaban Menko Airlangga Bikin Gibran Tepok Jidat

Airlangga dan Gibran menyempatkan untuk berbincang ringan dan bermain tebak-tebakan dan diunggah melalui akun media sosial Instagram.

NEWS | 3 Oktober 2022

Prank Baim Wong dan Paula ke Kepolisian Berbuah Somasi

Baim Wong beserta istrinya Paula Verhoeven disomasi oleh kantor hukum Bow and Parners terkait konten prank KDRT kepada kepolisian. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Dalami Kasus Suap Lukas Enembe, KPK Panggil Pramugari

KPK memanggil pramugari untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menyeret Gubernur Papua Lukas Enembe.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Mendes PDTT Sampaikan Duka Cita

Tragedi Kanjuruhan, Mendes PDTT Sampaikan Duka Cita

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings