Logo BeritaSatu

Bupati Nagekeo Berharap Pelayanan RSUD Aeramo Semakin Membaik

Minggu, 12 September 2021 | 23:28 WIB
Oleh : Willy Gracias / JEM

Mbay, Beritasatu.com - Bupati Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT) Johanes Don Bosco Do, melakukan peletakan batu pertama pembangunan pagar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aeramo di Mbay, Minggu (12/9/2021). Pembangunan pagar tersebut sangat dibutuhkan untuk mengatasi gangguan ternak yang berkeliaran keluar masuk halaman rumah sakit sehingga membuat pelayanan di rumah sakit itu terganggu.

Pada kesempatan itu, Bupati Don Bosco menyatakan bahwa sejak 16 Desember 2020, RSUD Aeramo sudah ditingkatkan statusnya menjadi rumah sakit tipe C, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat diharapkan semakin berjalan maksimal.

"Sebagai kelanjutannya, saat ini sedang berlangsung proses pembaruan struktur organisasi dan percepatan status Badan Layanan Umum Daerah,“ kata Don Bosco yang sebelum menjabat bupati juga berprofesi sebagai dokter.

Ia juga mengharapkan dengan dibangunnya pagar rumah sakit, maka akan memberikan perlindungan yang lebih baik kepada para petugas rumah sakit agar terhindar dari berbagai gangguan yang bisa menghalangi mereka dalam menjalankan tugasnya.

Pembangunan pagar rumah sakit menelan anggaran sekitar Rp 3,4 miliar. Rumah sakit itu sendiri dibangun pada areal seluas kurang lebih 9,5 hektare.

Menurut Direktur RSUD Aeramo drg Emirentiana Wahyuningsih, para petugas yang bekerja di rumah sakit itu sering merasa tidak nyaman karena ternak sapi maupun kambing yang sering memasuki halaman rumah sakit sehingga mengotori lingkungan rumah sakit.

"Sebenarnya kita sudah berupaya membangun pagar kawat berduri dengan tiang kayu seadanya sekadar untuk mengamankan area inti rumah sakit. Namun tetap saja tidak efektif dan tidak bertahan karena selalu ada orang tak bertanggung jawab yang iseng menggunting pagar kawat sehingga ternak-ternak yang ada bisa kembali leluasa memasuki halaman rumah sakit," katanya di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan pagar rumah sakit tersebut.

Emirentiana Wahyuningsih yang juga menjadi pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Nagekeo ini juga menyatakan bahwa pagar permanen itu sangat dibutuhkan agar segala aktivitas operasional pelayanan baik teknis maupun nonteknis dapat berjalan lebih baik demi kenyamanan pasien dan petugas rumah sakit.

Sementara itu, Kepala Bidang Anggaran Badan Keuangan Daerah (BKD) Nagekeo Yuliana Tolo mengatakan, anggaran pembangunan pagar rumah sakit bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) tambahan, dan hal ini sebagai wujud kesungguhan pemerintah pusat dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Nagekeo membangun daerah ini di tengah masa pandemi Covid-19.

Menurut Juliana, pemerintah pusat menilai daerah ini cukup baik dalam penanganan pandemi Covid-19, sehingga Nagekeo diberi alokasi sekitar Rp 23 miliar untuk kebutuhan kesehatan, jaring pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi.

"Dari sumber dana yang sama, manajemen rumah sakit saat ini juga sedang membenahi instalasi listrik yang sebelumnya dilaporkan telah memicu berbagai gangguan serius dalam pelayanan rumah sakit," katanya.

Saat peletakan batu pertama, turut hadir Tokoh Adat Nataia Patrisius Seo, Kepala Desa Aeramo Dominggus Biu Dore, serta pihak-pihak terkait lainnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

Mantan Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah disanksi demosi 4 tahun terkait kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate, yaitu Dada Ma Dopo Malomo

NEWS | 28 September 2022

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengkritik pernyataan Mendikbudristek Nadiem Makarim tentang keberadaan tim bayangan

NEWS | 28 September 2022

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar

NEWS | 28 September 2022

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Eks Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochammad Ardian Noervianto bakal menghadapi sidang dengan agenda pembacaan putusan

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate

Jokowi dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate pada acara yang diselenggarakan di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

NEWS | 28 September 2022

Program Vaksinasi Covid-19 Diperluas untuk WNA

emerintah memperluas program vaksinasi Covid-19, yakni tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga menyasar WNA.

NEWS | 28 September 2022

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden.

NEWS | 28 September 2022

Anggaran Pemilu 2024 KPU Kota Bogor Capai Rp 4,1 Miliar

Pemerintah mengucurkan anggaran Rp 4,1 miliar untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada KPU Kota Bogor

NEWS | 28 September 2022

Ke Maluku Utara, Jokowi Dianugerahi Gelar Adat

Hari ini Jokowi mengunjungi Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, guna menerima anugerah gelar  adat

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings