Logo BeritaSatu

Junta Militer Tak Beri Izin Presiden Conde Tinggalkan Guinea

Sabtu, 18 September 2021 | 14:16 WIB
Oleh : LES

Conakry, Beritasatu.com - Junta militer tidak mengizinkan Presiden Alpha Conde, yang ditahan sejak penggulingannya pada 5 September, untuk meninggalkan negara Guinea. Junta militer menegaskan bahwa pihaknya tidak akan tunduk pada tekanan regional.

Pada Jumat (17/9/2021), Presiden Pantai Gading Alassane Ouattara dan Presiden Ghana Nana Akufo-Addo melakukan kunjungan selama satu hari ke Conakry untuk meminta pemimpin kudeta Guinea Mamady Doumbouya membebaskan Alpha Conde.

Presiden Outtara berharap dapat membawa Conde untuk meninggalkan Guinea.

"Mantan presiden berada dan tetap di Guinea. Kami tidak akan tunduk pada tekanan apa pun," kata junta dalam pernyataan yang dibacakan di TV pemerintah.

Ouattara dan Akufo-Addo, mewakili 15 anggota Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS), mengadakan pertemuan terpisah dengan Conde di Istana Mohamed VI di Conakry.

Namun mereka tidak dapat membawa Conde untuk meninggalkan Guinea.

Ouattara mengatakan kepada Radio-Television Guineenne (RTG) di bandara Conakry sebelum berangkat "Saya bertemu dengan saudara saya Alpha Conde, yang dalam kondisi baik. Kami akan tetap berhubungan".

Akufo-Addo kepada RTG mengatakan "Kami telah mengadakan pertemuan yang penuh dengan suasana persaudaraan dengan pemimpin kudeta Guinea Mamady Doumbouya dan rekan-rekannya. Saya pikir ECOWAS dan Guinea akan menemukan cara terbaik untuk maju bersama.

ECOWAS menuntut kembalinya aturan konstitusional sejak unit pasukan khusus menguasai istana kepresidenan, menahan Conde dan menyatakan dirinya bertanggung jawab,"

Blok tersebut sepakat pada Kamis untuk membekukan aset keuangan junta dan kerabat mereka serta melarang mereka bepergian.

Para pemimpin kudeta Guinea mengadakan konsultasi selama seminggu dengan tokoh masyarakat dan pemimpin bisnis untuk memetakan kerangka kerja bagi pemerintahan transisi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sah, Devanda Aditya Dikukuhkan Jadi Ketua Harian DPP KNPI

Sah, Devanda Aditya Dikukuhkan Jadi Ketua Harian DPP KNPI

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings