Logo BeritaSatu

Nadiem: Hari Kesaktian Pancasila Jadi Momentum Refleksi untuk Indonesia Tangguh

Jumat, 1 Oktober 2021 | 15:30 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati pada 1 Oktober 2021 perlu dijadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan, untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan masa yang akan datang.

“Merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan,” ujar Nadiem dalam keterangan pers diterima Beritasatu.com, Jumat (1/10/2021).

Nadiem menekankan pentingnya pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia (SDM). Untuk itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila, menurut Nadiem adalah saat yang baik untuk merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan semua kelompok masyarakat dan memprioritaskan konservasi alam.

“Dalam hal ini, Pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara Indonesia,” terang Nadiem.

Selanjutnya, Nadiem menegaskan bahwa kebangkitan dan kemajuan bangsa ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya.

“Sesuai dengan kemampuan dan panggilan hatinya. Inilah titik berangkat kita,” ucapnya.

Menurutnya, kemerdekaan dalam belajar, berkarya, dan berbudaya diharapkan dapat melahirkan generasi pelajar Pancasila, yaitu sosok pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

“Para pelajar Pancasila itulah yang akan meneruskan estafet pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan,” tutur Nadiem.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 pada hari ini digelar secara sederhana dan penuh khidmat di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang bertema "Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila".

Ketua DPD Republik Indonesia La Nyalla Mahmud Mattalitti bertugas membacakan teks Pancasila, dilanjutkan pembacaan naskah UUD 1945 oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertugas untuk membacakan doa.

Turut hadir dalam upacara Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Kepolisian RI Listyo Sigit Prabowo.

Usai upacara, Kepala Negara bersama para pimpinan lembaga tinggi negara yang hadir di lokasi upacara menggunakan waktu mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dilangsungkan di kantor pemerintah provinsi/kabupaten/kota level 1 dan 2 pada pukul 08.00 waktu setempat dengan tetap menaati protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan untuk daerah dengan status PPKM level 4 dan 3 bisa mengikuti upacara melalui siaran Televisi Republik Indonesia (TVRI) atau siaran langsung di kanal YouTube Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Jebloskan 4 Mantan Anggota DPRD Jambi ke Lapas

KPK Jebloskan 4 Mantan Anggota DPRD Jambi ke Lapas

NEWS | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings