Logo BeritaSatu

Balitbang Kemhan Luncurkan Buku “Warisan Budaya Bernilai Pertahanan (Defense Heritage) Indonesia”

Rabu, 6 Oktober 2021 | 22:44 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM



Jakarta, Beritasatu.com – Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan (Balitbang Kemhan ) meluncurkan Buku berjudul “Warisan Budaya Bernilai Pertahanan (Defense Heritage) Indonesia” dan sekaligus dibuka oleh Kabalitbang Kemhan Marsekal Muda TNI Julexi Tambayong.

Peluncuran buku tersebut dihadiri oleh pejabat eselon II Kemhan, para akademisi, arkeolog serta budayawan secara offline maupun virtual, di Kantor Balitbang Kemhan, Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Peluncuran buku tersebut merupakan hasil karya kolaborasi penelitian antara Gerald Theodorus Lumban Toruan SH.,MH, peneliti Ahli Muda Balitbang Kemhan dengan Dr Jeanne Francoise, doktor pertahanan perempuan pertama dari Unhan.

Dalam sambutannya Kabalitbang mengatakan, situasi saat ini Peneliti Balitbang Kemhan telah berhasil mempublikasikan hasil penelitian perorangan tahun 2020 ke dalam sebuah buku. “Belum pernah ada peneliti Indonesia yang melakukan penelitian Defense Heritage, buku ini adalah buku ilmiah yang bagus untuk terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tegas Kabalitbang.

Kabalitbang mengungkapkan, buku ini juga mampu memberikan pemahaman dasar bahwa Indonesia punya tugas dalam menjaga serta melestarikan objek-objek cagar budaya bernilai pertahanan, sebagai bagian dari sejarah perjuangan bangsa yang menjadi identitas Indonesia. Pada akhir sambutannya Kabalitbang Kemhan berharap bahwa buku ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam rangka menumbuhkan rasa cinta tanah air dan juga untuk pengembangan pariwisata Indonesia.

Dalam presentasi singkatnya, Gerald Theodorus L Toruan, SH,MH mengatakan bahwa selama ini bangsa Indonesia terkungkung dalam stigma bangsa Indonesia adalah bangsa terjajah, stigma ini haruslah diubah menjadi bangsa yang berjuang melawan kolonialisme.

“Dengan hadirnya buku ini membuktikan bahwa Indonesia menolak adanya penjajahan, Warisan Budaya Bernilai Pertahanan (Defense Heritage) menjadi bukti nyata bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang, bukan bangsa terjajah” kata Gerald.

Selain itu, buku ini juga telah mendapat testimoni dari Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Dr Hariyono, MPd, Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya Prof Dr Supartono, MM, mantan Deputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kebudayaan LIPI Prof Dr Tri Nuke Pudjiastuti, Direktur Jenderal Kebudayaan kemendikbudristek Hilmar Farid, PhD, Pangdam II?Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, mantan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin, Sekretaris Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan periode 2019-2021 Laksamana Pertama TNI Arif Harnanto, ST, MEng, Kepala Balai Arkeologi Maluku Bambang Sugianto, SS, Kepala Balai Arkeologi Sumatera Selatan Drs Budi Wiyana, Founder Indo Archeology Irsyad Leihutu, serta Nofa Faridha Lestari dari Indonesia Hidden Heritage.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

BOLA | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings