Logo BeritaSatu

Satgas Covid-19 Imbau Pemda Tingkatkan Pengawasan Protokol Kesehatan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:36 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di setiap daerah tentu berdampak pada peningkatan mobilitas. Hal ini berpotensi meningkatkan penularan kasus Covid-19.

Untuk mencegah terjadi penularan, Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau pemerintah daerah (pemda) melakukan pengawasan protokol kesehatan (prokes).

“Pengawasan prokes di masyarakat merupakan otoritas dari Satgas Covid-19 Daerah setempat. Khususnya pada area tempat tinggal dan fasilitas publik, Satgas yang ada di dalamnya punya andil khusus dalam mengawasi kegiatan di dalamnya,” kata Wiku saat dihubungi Beritasatu.com, Rabu (20/10/2021).

Sebelumnya, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Kaliaga Ginting mengatakan, mencegah terjadinya penularan Covid-19 pada saat libur memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada besok hari, Rabu (2020/10/2021), pemerintah daerah (pemda) diminta harus mengantisipasi agar tidak terjadi kerumunan. Dalam hal ini, pemda diminta dapat mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan dalam berlalu lintas.

“Kalau ada kemacetan berpotensi terjadi kerumunan karena mereka (masyarakat) akan berhenti turun dari kendaraan. Kemudian, ada penjual, pedagang asongan, dan segala macam. Ini harus diantisipasi,” kata Alexander saat dihubungi Beritasatu.com, Selasa (19/10/2021).

Alexander juga menyebutkan, perlu diantisipasi karena keputusan pemerintah pusat dalam memindahkan libur Maulid Nabi seharusnya pada hari ini, Selasa (19/10/2021) menjadi Rabu (20/10/2021), karena mempertimbangkan weekend yang berdekatan dengan libur nasional.

“Libur Maulid Nabi ini digeser juga mempertimbangkan weekend agar tidak berdekatan dengan Selasa, karena kalau dekat nanti menjadi libur panjang tentu ongkos. Ongkos kerugian akibat terinfeksi,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia menyebutkan perlu adanya upaya-upaya untuk melakukan pengawasan dan pengendalian dari setiap pemda secara berjenjang mulai dari desa dan kelurahan sampai kabupaten/kota.

Untuk itu, Alexander mengimbau masyarakat untuk tidak beruforia karena ancaman penularan Covid-19 masih berada di sekitarnya, meski angka positivity rate Covid-19 saat ini sudah di bawah 2%.

“Kita enggak boleh euforia walaupun positivity rate di bawah 2%, tetapi tetap aja virus berpotensi untuk bisa menularkan dengan cepat. Jadi kita lengah dalam sekejap naik bisa jadi 5% dan seterusnya seperti terjadi di Singapura,” ucapnya.

Pada kesempatan sana, Alexander juga mendorong Pemda untuk meningkatkan laju vaksinasi supaya mencakup semua terutama kelompok rentan seperti orang termasuk lansia, disabilitas komorbid dan anak peserta didik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mendes: SDGs Desa Ke-18 Terinspirasi dari Para Ulama NU

Mendes PDTT mengatakan perumusan SDGs Desa ke-18 yaitu Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif terinspirasi dari jejak dakwah para ulama NU.

NEWS | 28 September 2022

Usman Hamid Desak Polri Usut Peretasan Redaksi Narasi TV

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mendesak Polri mengusut tuntas peretasan terhadap belasan awak redaksi Narasi TV

NEWS | 28 September 2022

LSM HAM Sebut 76 Orang Tewas dalam Aksi Protes Rezim Iran

LSM HAM Iran menyebut aksi protes atas kematian Mahsa Amini telah menewaskan sedikitnya 76 orang.

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, Kombes Budi Pitono Jalani Sidang Etik

Mantan Kabag Renmin Divpropam Polri Kombes Murbani Budi Pitono tengah menjalani sidang etik pada hari ini, Rabu (28/9/2022), terkait kasu Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

 AKBP Raindra Ramadhan Syah tidak mengajukan banding saat putusan sanksi demosi empat tahun imbas dari kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

Mantan Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah disanksi demosi 4 tahun terkait kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate, yaitu Dada Ma Dopo Malomo

NEWS | 28 September 2022

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengkritik pernyataan Mendikbudristek Nadiem Makarim tentang keberadaan tim bayangan

NEWS | 28 September 2022

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar

NEWS | 28 September 2022

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Eks Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochammad Ardian Noervianto bakal menghadapi sidang dengan agenda pembacaan putusan

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mendes: SDGs Desa Ke-18 Terinspirasi dari Para Ulama NU

Mendes: SDGs Desa Ke-18 Terinspirasi dari Para Ulama NU

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings