Logo BeritaSatu

Peringati Hari Santri, Sahabat Ganjar Gelar Gerebek Pondok Pesantren

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:32 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Sahabat Ganjar, kelompok relawan Ganjar Pranowo menggelar kegiatan gerebek pondok pesantren (ponpes) untuk memperingati Hari Santri Nasional 2021. Kegiatan gerebek ponpes yang berlangsung selama tiga dari Jumat (22/10/2021) hingga Mingu (24/10/2021) ini berisi aksi nyata berupa memberikan pembinaan UMKM kepada para santri di pondok pesantren khususnya di Jawa Tengah. Selama tiga hari itu, Sahabat Ganjar akan rajin mengunjungi ponpes di Jawa Tengah.

Pondok Pesantren Darul Muttaqin yang berlokasi di Tegal dan Pondok Pesantren RT Hidayatul Qur'an yang berada di Randudongkal menjadi awal perjalanan Sahabat Ganjar di Jawa Tengah, Jumat (22/10/2021).

"Pagi ini kami mulai dari Tegal, sebagai pembuka rangkaian kegiatan gerebek ponpes dengan tema Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif. Sinergi dari DPC, DPW dan DPP menjadikan acara ini lancar, apalagi sambutan dari pihak ponpes cukup bagus," kata Kesit selaku Ketua DPW Sahabat Ganjar Jawa Tengah dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Dijelaskan, Sahabat Ganjar menargetkan Pondok Pesantren sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada para santri belajar membuat blog dan juga mengajarkan para santri mulai berwirausaha. Dalam hal ini dikhususkan untuk belajar mengenai digital marketing dan pemasaran suatu produk melalui platform digital.

Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Pondok Pesantren RT Hidayatul Qur'an yang berada di Randudongkal, Pemalang. Kehadiran Sahabat Ganjat disambut meriah oleh ustaz dan para santri.

Dalam kegiatan ini, Sahabat Ganjar memberikan penyerahan bantuan kepada Pondok Pesantren Darul Muttaqin Tegal dan Pondok Pesantren RT Hidayatul Qur'an Pemalang masing-masing berupa komputer, printer, modem, sembako, pelatihan membuat blog dan penyerahan website.

Salah satu santri dari Pondok Pesantren RT Hidayatul Qur'an yang menjadi peserta untuk pelatihan menyatakan kegembiraannya saat relawan Sahabat Ganjar mengisi materi.

"Senang banget rasanya bisa belajar membuat blog dan belajar digital marketing, makasih banyak Sahabat Ganjar," ungkap salah seorang santri bernama Agus Khuiruddin.

Santri Pondok Pesantren Darul Muttaqin bernama Muhammad Prakoso pun mengungkapkan hal senada.

"Alhamdulilah sekarang saya bisa membuat blog sendiri, komputernya juga keren. Semakin semangat untuk belajar mengenai ilmu komputer," ungkapnya.

Humas DPP Sahabat Ganjar, Indah CH mengatakan kegiatan Sahabat Ganjar di daerah Jawa Tengah memang menyasar Pondok Pesantren sebagai langkah edukasi kepada para santri. Kegiatan diharapkan dapat menjadi modal para santri membangun usaha ketika sudah lulus dari pondok pesantren nantinya.

"Sahabat Ganjar terus melakukan aksi sosialnya untuk membantu sesama, pekan lalu kita sudah melakukan gerebek pasar di Jawa Barat, sekarang sasaran kita lebih kepada edukasi untuk santri milenial sehingga siap untuk terjun di dunia digital," kata Indah CH.

Dikatakan, pada era digital seperti saat ini, Sahabat Ganjar ingin mengedukasi para santri untuk siap terjun di dunia digital. Melalui bantuan ini diharapkan dapat memberikan pelatihan dan alat sebagai langkah santri memulai menciptakan ide-ide kreatifnya.

Selain menyerahkan bantuan berupa laptop, printer dan sembako, Sahabat Ganjar juga akan menggelar seminar dan lomba bertema wirausaha untuk santri.

Berbagai kegiatan tersebut dilakukan Sahabat Ganjar dengan selalu menaati protokol kesehatan. Memakai masker dan menjaga jarak merupakan hal yang wajib untuk ditaati seluruh peserta dan juga relawan Sahabat Ganjar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengkritik pernyataan Mendikbudristek Nadiem Makarim tentang keberadaan tim bayangan

NEWS | 28 September 2022

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar

NEWS | 28 September 2022

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Eks Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochammad Ardian Noervianto bakal menghadapi sidang dengan agenda pembacaan putusan

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate

Jokowi dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate pada acara yang diselenggarakan di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

NEWS | 28 September 2022

Program Vaksinasi Covid-19 Diperluas untuk WNA

emerintah memperluas program vaksinasi Covid-19, yakni tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga menyasar WNA.

NEWS | 28 September 2022

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden.

NEWS | 28 September 2022

Anggaran Pemilu 2024 KPU Kota Bogor Capai Rp 4,1 Miliar

Pemerintah mengucurkan anggaran Rp 4,1 miliar untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada KPU Kota Bogor

NEWS | 28 September 2022

Ke Maluku Utara, Jokowi Dianugerahi Gelar Adat

Hari ini Jokowi mengunjungi Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, guna menerima anugerah gelar  adat

NEWS | 28 September 2022

Rabu Ini, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan Mulai Siang Nanti

Menurut prakiraan cuaca BMKG, pada pagi hari semua wilayah DKI Jakarta bercuaca cerah berawan dan hujan baru akan mengguyur mulai siang hari.

NEWS | 28 September 2022

Taiwan Berharap Bisa Hadir pada Pertemuan Ke-41 ICAO

Taiwan berharap dapat hadir pada sidang tiga tahunan ke-41 Majelis ICAO pada 27 September hingga 7 Oktober 2022 di Montreal, Kanada.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings