Logo BeritaSatu

Hasto: PDIP Sadar Ada yang Manfaatkan Isu Pencapresan untuk Ganggu Kerja Partai

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:16 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya menyadari ada yang berusaha memanfaatkan isu sekitar Pemilu dan Pilpres 2024. Khususnya menyangkut isu calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). PDIP, kata Hasto, memantau ada pihak-pihak yang ingin merusak tatanan di internal partai dan pihak yang tak sabar memastikan kandidat yang akan diusung di Pilpres 2024.

Padahal, Hasto mengatakan pihak-pihak demikian sama saja tidak memiliki etika dan ingin melangkahi kewenangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Hasto mengingatkan kebiasaan dan budaya di PDIP telah dibangun oleh Megawati. Presiden kelima RI itu disebutnya selalu memikirkan kepentingan bangsa dan negara. Sehingga selalu berusaha bertangan dingin. Hasilnya, cara PDIP yang dibangun Megawati, telah menciptakan pemimpin-pemimpin yang andal melalui proses kaderisasi.

"Lalu, sepertinya ada yang ingin membelah partai, tidak sabar berkaitan dengan capres-cawapres," kata Hasto Kristiyanto, saat membuka acara pelatihan kebencanaan "La Nina, Fenomena, dan Dampaknya" di kantor pusat PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (27/10/2021).

Selain itu, Hasto mengatakan pihaknya memantau ada juga upaya untuk mengangkat-angkat kampanye negatif dan terkadang bahkan fitnah terhadap partainya.

"Ada berbagai bentuk untuk men-downgrade hanya karena elektoral PDI Perjuangan setiap survei itu selalu tertinggi. Padahal itu kan adalah hasil, melalui sesuatu kerja organisasi, termasuk melalui kerja Baguna," kata Hasto

Menurut Hasto, pihak-pihak itu juga menyerang kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengatasi isu pandemi Covid-19. Megawati, kata Hasto, juga ikut diserang melalui isu Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Hasto bahkan harus memberi respons untuk mengklarifikasi. Baginya, hal seperti ini hanya membuang-buang energi anak bangsa.

"Padahal seharusnya kita berlomba untuk menghasilkan prestasi seperti atlet-atlet kita di PON Papua. Mereka berlomba kejar prestasi, ada wasit, ada taat pada aturan main," jelas Hasto.

Dilanjut Hasto, menjadi aneh ketika lembaga penyelenggara pemilu belum menentukan jadwal pemilu, sudah ada yang memaksa agar nama calon dipastikan.

Dia lalu memberi ilustrasi berupa permainan sepak bola. Ketika wasit belum membuka pertandingan, namun pemain sudah menendang bola ke gawang, tak bisa dianggap sebagai gol. Bahkan hal itu bisa dianggap sebagai pelanggaran.

Situasi itu juga mirip dengan upaya pihak-pihak yang memaksa PDIP segera mengumumkan calon yang akan diusung di pilpres nanti.

"Dalam capres-cawapres sepertinya, kan, seperti itu. Wasitnya saja, KPU, belum menyusun tahapan pemilu, eh, sudah ada yang mendorong dimasukkan ke gawang," kata Hasto.

Untuk itu, Hasto menilai seharusnya pelaku politik di Indonesia menyerap energi positif olahraga itu demi kebaikan bangsa. Politikus asal Yogyakarta itu tidak ingin ada pihak-pihak yang terburu-buru dan grusa-grusu untuk urusan pemimpin.

"Padahal banyak sekali yang bisa kita bahas daripada sekedar soal pilpres. Seperti persoalan bagaimana rakyat Indonesia menghadapi kemungkinan terjadinya bencana akibat banjir, tanah longsor yang sering terjadi," jelas Hasto.

"Kita, kata Bu Mega, tak pernah belajar dari persoalan-persoalan bencana yang terjadi sebelumnya. Kalau terjadi bencana, baru semua heboh menganalisis, bahwa ini akibat proses penggundulan hutan. Tetapi habis bencana selesai, dilupakan," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
New York-Indonesia Investment Forum 2022 Siap Digelar

New York-Indonesia Investment Forum 2022 Siap Digelar

EKONOMI | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings