Logo BeritaSatu

Beras Natural Mbay Akan Masuk Pasar Global

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:10 WIB
Oleh : Willy Grasias / EHD

Mbay, Beritasatu.comBupati Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Johanes Don Bosco Do, mengatakan, beras hasil pertanian Mbay atau Beras Natural Mbay akan masuk pasar regional, nasional dan global.

Sementara PT Pandawa Agri Indonesia akan bergerak kepemasaran, menyiapkan pembeli Beras Natural Mbay dalam skala lebih besar dengan harga yang menjanjikan.

“Beras Natural Mbay akan masuk pasar regional, nasional dan dunia,” kata Johanes Bupati Don Bosco Do. Bupati Don mengatakan itu dalam acara Soft Launching Beras Natural Mbay di Mbay, Kamis (28/10/ 2021). Beras Natural Mbay adalah beras premium yang merupakan hasil pertanian warga Mbay sendiri.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Nagekeo, Herman Petrus Gu, mengatakan, Beras Natural Mbay adalah beras premium hasil pertanian warga Mbay.

"Dinas Pangan melakukan pengawasan pascapanen, mulai tahap pengeringan, penggilingan, pengepakan dan pengakutan. Yang diperhatikan adalah sanitasi dari proses itu untuk jamin kesehatan konsumen. Lingkungan kerja proses pascapanen juga diawasi, pengepakan dilakukan secara higienis," jelas Herman.

Plt Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Daerah Nagekeo, Kasmirus Dhoy, mengatakan, kemasan Beras Natural Mbay sudah layak masuk ke pasar, terutama pasar segmented (menengah ke atas) yang peduli untuk mekonsumsi beras sehat.

"Selain selera pasar, ini adalah tren global, di mana pengembangan pertanian organik adalah program berkelanjutan agar tidak mengorbankan hak hidup generasi,dengan mengkonsumsi beras sehat," ujarnya.

Terkait dengan itu Faris N Nutmianto, petugas lapangan Project Development Pandawa Agri Indonesia, mengatakan, pihaknya melakukan tujuh intervensi untuk meningkatkan produksi padi di Mbay, dimulai dari pengolahan tanah, treatment benih, menyediakan benih unggul, label ungu, mengurangi penggunaan insektisida dan herbisida, kemudian meningkatkan unsur organik dan mikronutrien di lahan.

Kukuh Roxa PH, CEO Pandawa Agri Indonesia, telah memiliki pengalaman mengolah ratusan hektar padi di Jawa Timur. Di Mbay, Pandawa Agri mengolah 62 hektar lahan padi, bermitra dengan 95 petani sawah.

Pandawa Agri berperan sebagai pembuka informasi, mendekatkan inovasi, dan mendampingi saat tahap impelementasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo, Oliva Monika Mogi, mengapresiasi Pandawa Agri dalam melakukan persiapan selama lima bulan menuju peluncuran Beras Natural Mbay.

"Kita gandeng NGO dan swasta dalam menyediakan benih, pupuk, obat-obatan bagi kelompok-kelompok tani di Mbay, intesifikasi lahan sawah, penangkaran benih, dengan target produksi sebesar 4-5 ton padi per hektar," urainya.

Ia mengatakan, optimalisasi bendungan terus dilakukan, berikut jaringan primer, sekunder, tersier, didukung pemerintah pusat dan daerah, perbaikan (rehabilitasi) jaringan tersier dan sekunder melalui pola padat karya, sehingga infrastruktur akan semakin bagus.

Ia mengatakan, fokus perhatian Dinas Pertanian adalah peningkatan kapasitas SDM, melalui penguatan kapasitas penyuluh dan petani, untuk memenuhi tuntutan digitalisasi saat ini.

Ia berharap agar seluruh ASN di seluruh Dinas di Pemkab Nagekeo haruslah komitmen untuk setiap bulan membeli Beras Natural Mbay.

Hal yang sama agar seluruh lapisan warga Nagekeo menikmati Beras Natural Mbay, maka quota beras ke wilayah kabupaten lain meski dibatasi, seiring dengan upaya peningkatan produksi Beras Natural Mbay dari waktu ke waktu.

“Publik Nagekeo tidak hanya bangga karena wilayahnya menjadi lumbung beras bagi Flores dan NTT, tapi wajib bangga karena pertama mengonsumsi beras sehat, dan tentu mahal Rp12.000 per kilogram, “ tutupnya.

Kepala Dinas Infokom Kabupaten Nagekeo Ndona Andreas Corsini menyampaikan, kegiatan soft launching beras natural Mbay, untuk meyakinkan publik Nagekeo baik yang ada di Kabupaten Nagekeo maupun diaspora untuk mencintai produknya sendiri dan mengkonsumsi beras sehat yang berasal dari Mbay.

"Menkonsumsi beras sehat dan mahal tidak membuat kita miskin, sebaliknya mengkonsumsi beras murah tidak membuat kita kaya karena uang akan habis dipakai untuk biaya sakit. Olehnya saya menggugah publik Nagekeo untuk membeli Beras Natural Mbay, dengan mengkosumsi Beras Mbay bisa membuka banyak lapangan kerja bagi generasi,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Buntut Konten <em>Prank</em> KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

NEWS | 29 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings