Logo BeritaSatu

Keceriaan Firli Bersama Santri dan Kiai di Puncak Gelar ‘90

Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:43 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Sidoarjo, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terlihat ceria saat menghadiri kegiatan Bakti Sosial dan Vaksinasi di Universitas Ma’arif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo, (26/10/2021).

Pada acara bertajuk “31 Tahun Gelar Akabri ’90 Mengabdi untuk Negeri itu”, Firli turut membagikan seribu paket sembako kepada para santri dan lansia.

“Alhamdulillah masyarakat sekitar, mahasiswa, pelajar, dan santri turut bergabung dalam kegiatan,” kata Firli melalui keterangan, Jumat (29/10/2021).

Firli juga memposting kegiatan dirinya di akun Twitter @firlibahuriofficial. Terlihat, Firli tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya saat berinteraksi dengan santri. Wajahnya tampak ceria. Apalagi pada acara tersebut juga hadir ulama sepuh yang selama ini berdedikasi dalam mendidik para santri.

“Terima kasih kepada KH Anwar Mashur Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo dan KH Marzuki Mustamar Ketua PWNU Jawa Timur,” ucapnya.

Alumni Akabri 1990 itu memang mengangumi sosok santri. Baginya, keseharian santri yang hidup sederhana, santun, gigih, serta menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan jadi sumber inspirasi dalam memberantas korupsi.

“Negeri ini membutuhkan anak-anak bangsa yang memiliki jiwa, raga, semangat fisabilillah dan roh seorang santri dalam perang badar melawan korupsi," kata Firli di kesempatan lain saat memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021.

Menurutnya, sifat dan karakter dalam diri santri sangat diperlukan dalam rangka melindungi semua elemen bangsa dari sifat tamak, rakus, dan berlebih-lebihan. Sifat yang disebut terakhir ini, lanjutnya, tak lain adalah teman sejati korupsi dan perilaku koruptif.

Di luar karakter itu, peran historis santri dan ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia mendapat tempat sendiri di hati Firli. Dipimpin KH Hasyim Asy’ari dan ulama lain yang merumuskan fatwa Resolusi Jihad, 22 Oktober 1945, santri mempertaruhkan jiwa dan raga dalam pasukan Sabilillah demi tetap tegaknya Negara Republik Indonesia.

Sejarah itu pula yang turut mengilhami Firli sehingga kerap menggunakan idiom “jihad” atau “perang badar” untuk mengobarkan semangat melawan korupsi.

"Tidak berlebihan jika saya katakan santri merupakan role model atau teladan nyata yang baik bagi kita semua khususnya generasi penerus masa depan bangsa, dalam menjaga, mengawal dan menentukan arah langkah serta tujuan negara,” tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

BOLA | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings