Logo BeritaSatu

Prabowo: Kemandirian Industri Pertahanan Upaya Wujudkan Pertahanan Negara yang Kuat

Senin, 1 November 2021 | 18:06 WIB
Oleh : WM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan, kemandirian industri pertahanan (inhan) merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan sistem pertahanan negara yang kuat, maju, dan mandiri.

Ia mengatakan hal itu dalam kunjungan kerja ke Kawasan Energetic Material Center milik PT Dahana (Persero) di Subang, Jawa Barat, Senin (1/11/2021), guna memeriksa kesiapan industri pertahanan, khususnya bahan pendorong amunisi dan roket di PT Dahana.

Menurut dia, industri yang kuat diharapkan mampu memberikan dampak pengganda, baik terhadap pembangunan ekonomi maupun penguasaan teknologi bagi bangsa Indonesia.

"Kemandirian industri pertahanan juga diharapkan dapat mewujudkan pergeseran pemahaman dari belanja pertahanan menjadi investasi pertahanan," kata Prabowo.

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengingatkan agar PT Dahana selalu melakukan kerja yang terbaik bagi bangsa agar dapat membawa industri pertahanan dalam negeri semakin maju.

Saat ini, PT Dahana tengah melakukan inovasi di semua lini bisnisnya, termasuk industri propelan yang nanti akan menjadi bahan baku bagi amunisi kaliber kecil dan amunisi kaliber besar untuk pemangku kepentingan pertahanan dan keamanan.

Propelan adalah bahan pendorong peluru atau roket, yang menjadi komponen utama munisi bagi kebutuhan Munisi Kaliber Kecil dan Munisi Kaliber Besar, maupun bahan bakar roket. Kebutuhannya di dalam negeri selama ini, diimpor dari luar negeri sehingga membebani devisa negara dan rawan embargo.

Pemerintah melalui Peraturan Presiden 8/2021 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara 2020-2024 menyebut salah satu sasaran penguasaan teknologi kunci program prioritas 2020-2024 adalah bahan pendorong amunisi dan roket.

Pembangunan pabrik propelan diharapkan dapat menciptakan kemandirian industri hulu pertahanan nasional, menciptakan dampak penggentar, dampak pengganda, memberikan jaminan pasokan munisi, dan substitusi impor.

Sementara itu, Direktur Utama PT Dahana (Persero) Wildan Widarman menjelaskan, pembangunan industri bahan pendorong amunisi dan roket telah berjalan. Fase pertama telah diprakarasi Kementerian Pertahanan dengan membangun pabrik nitrogliserin, pabrik bahan asam serta fasilitas pendukung industri propelan, di antaranya gardu trafo listrik, pengolahan air, laboratorium, dan fasilitas uji balistik.

"Bersama Balitbang Kementerian Pertahanan, saat ini sedang dilanjutkan ke tahapan pembangunan pabrik bubuk sferikal, sehingga Indonesia dapat mandiri serta memiliki efek getar di kawasan regional," kata dia.

Selama berada di PT Dahana, Prabowo juga berkeliling ke fasilitas produksi milik PT Dahana, salah satunya pabrik nitrogliserin yang dibangun Kementerian Pertahanan.

"Melalui kunjungan kerja menteri pertahanan ini, diharapkan dapat semakin memperteguh komitmen Kementerian Pertahanan dalam memberdayakan industri dalam negeri untuk penguatan pertahanan negara," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Eks Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochammad Ardian Noervianto bakal menghadapi sidang dengan agenda pembacaan putusan

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate

Jokowi dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate pada acara yang diselenggarakan di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

NEWS | 28 September 2022

Program Vaksinasi Covid-19 Diperluas untuk WNA

emerintah memperluas program vaksinasi Covid-19, yakni tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga menyasar WNA.

NEWS | 28 September 2022

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden.

NEWS | 28 September 2022

Anggaran Pemilu 2024 KPU Kota Bogor Capai Rp 4,1 Miliar

Pemerintah mengucurkan anggaran Rp 4,1 miliar untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada KPU Kota Bogor

NEWS | 28 September 2022

Ke Maluku Utara, Jokowi Dianugerahi Gelar Adat

Hari ini Jokowi mengunjungi Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, guna menerima anugerah gelar  adat

NEWS | 28 September 2022

Rabu Ini, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan Mulai Siang Nanti

Menurut prakiraan cuaca BMKG, pada pagi hari semua wilayah DKI Jakarta bercuaca cerah berawan dan hujan baru akan mengguyur mulai siang hari.

NEWS | 28 September 2022

Taiwan Berharap Bisa Hadir pada Pertemuan Ke-41 ICAO

Taiwan berharap dapat hadir pada sidang tiga tahunan ke-41 Majelis ICAO pada 27 September hingga 7 Oktober 2022 di Montreal, Kanada.

NEWS | 28 September 2022

Amerika Serikat Sumbang Ukraina Rp 22,7 Triliun Per Bulan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengungkapkan bahwa Amerika Serikat (AS) menyumbang US$ 1, 5 miliar (Rp 22,7 triliun) per bulan.

NEWS | 28 September 2022

Raja Salman Tunjuk Pangeran Mohammed Jadi PM Arab Saudi

Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud memerintahkan pengangkatan Putra Mahkota Mohammed bin Salman sebagai Perdana Menteri Arab Saudi

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings