Logo BeritaSatu

Polrestro Jaktim Tangkap 3 Tersangka Penipu atas Nama PStore

Senin, 1 November 2021 | 23:01 WIB
Oleh : BW

Jakarta, Beritasatu.com - Petugas Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur menangkap tiga tersangka kasus penipuan yang mengatasnamakan toko telepon seluler (ponsel) PStore.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, pihaknya menerima laporan dari korban bernama Bonar Christiantoro yang merasa tertipu setelah melakukan transaksi pembelian ponsel dari para tersangka berinisial AD, JB, dan SR pada 10 Juni 2021.

"Korban saudara Bonar itu melaporkan kepada Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur pada 11 Juli 2021, bahwa dirinya merasa ditipu seseorang mengatasnamakan saudara Putra Siregar. Setelah itu para penyidik melakukan penyelidikan dan penyidikan," kata Erwin Kurniawan di Jakarta, Senin (1/11/2021).

Erwin menjelaskan, para tersangka memiliki perannya masing-masing dalam kasus penipuan tersebut, seperti AD yang memalsukan KTP atas nama Putra Siregar yang merupakan pemilik PStore.

"Tersangka inisial AD ini adalah napi di lapas Kerobokan Bali yang bersangkutan memalsukan KTP saudara Putra Siregar untuk memuluskan aksinya kemudian dibantu temannya JB dan SR yang berperan masing-masing," ujar Erwin.

Dia melanjutkan, tersangka JB bertugas sebagai menampung dan menarik uang yang ditransfer korban dengan alih-alih jual beli ponsel melalui aplikasi PStore.

Adapun tersangka SR, kata Erwin, berperan sebagai pembuat rekening ATM, SIM card, serta aplikasi PStore.

"Korban merasa curiga kemudian mengklarifikasi ke PStore resmi, kemudian diketahui bahwa ini adalah PStore palsu. Kerugian sendiri diperkirakan mencapai miliaran, tetapi yang dapat dibuktikan penyidik Rp 360 juta," tutur Erwin.

Kapolres mengatakan para tersangka berhasil ditangkap pada Kamis (28/10/2021). Dua tersangka yakni JB dan SR kini mendekam di tahanan Polres Metro Jakarta Timur. Sementara AD masih berada di tahanan Lapas Kerobokan Bali, setelah sebelumnya terlibat kasus narkoba.

"Kepada pelaku dikenakan pasal 378 Jo pasal 28 ayat 1 UU ITE No 11 th 2008, sementara ancaman hukumannya maksimal enam tahun. Barang bukti yang diamankan foto KTP Putra Siregar palsu dengan wajah saudara AD yang ada di lapas Kerobokan Bali," kata Erwin.

Apresiasi
Yusuf Ismail selaku Kepala Cabang PStore Jakarta di kawasan Condet, Jakarta Timur, mengatakan, akun-akun palsu yang mengatasnamakan PStore cukup banyak ditemui. Maka dari itu pihaknya mengingatkan masyarakat harus lebih hati-hati ketika akan membeli handphone di toko PStore secara online.

"Kami memang sering mendapat aduan dari konsumen yang merasa telah membeli barang berupa, ponsel yang terlanjur memesan ponsel melalui akun-akun palsu Instagram PStore, uang telah ditransfer tetapi barang pesanan tak kunjung datang," ujarnya.

Dikatakan, banyak akun palsu PStore. “Itu akun palsu, jadi harus smart people memang. Karena itu hati-hati bagi siapa saja yang ingin membeli ponsel di PStore yang ditawarkan di jejaring media sosial, Instagram, karena tak sedikit akun bodong. Saya lebih menyarankan masyarakat untuk datang dan transaksi langsung ke toko," ucapnya.

Yusuf pun mengapresiasi kinerja jajaran Polres Jakarta Timur yang berhasil membongkar akun palsu mengatasnamakan PStore.

"Saya atas nama keluarga besar PStore mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan beserta jajaran yang berhasil membongkar pelaku pembuat akun palsu PStore," ucapnya.

Yusuf mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan keberadaan akun-akun palsu yang beredar di dunia maya, bahkan dirinya mengajak untuk sama-sama memerangi.

"Kami ajak masyarakat untuk sama-sama memberantas dan memerangi akun-akun palsu terutama yang mengatasnamakan PStore, jika merasakan di rugikan segera lapor ke pihak berwajib,” imbuhnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Inilah Tips Perawatan Wajah di Masa Pandemi

Inilah Tips Perawatan Wajah di Masa Pandemi

LIFESTYLE | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings