Logo BeritaSatu

Program DMPA di Kutai Kertanegara Lakukan Penanaman Padi Gunung Tanpa Membakar

Sabtu, 6 November 2021 | 06:57 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - PT Acacia Andalan Utama mengajak masyarakat Dusun Malong Desa Lamin Telihan Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur melakukan penanaman padi gunung tanpa membakar lahan, dengan sistem tumpang sari tanaman pokok.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) ini terus dikembangkan di Desa Lamin Telihan sejak tahun 2016, dan terus berlanjut sampai saat ini.

“Kegiatan penanaman ini hanya satu tahun sekali dimulai pada bulan September dan panen sekitar Maret,” ujar Ketua Kelompok Tani Padi Gunung, Simon dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Jumat (5/11/2021).

Simon mengatakan, kegiatan penanaman padi gunung ini merupakan budaya rutin yang dilaksanakan oleh petani di Kalimantan Timur. Masyarakat lokal biasanya membuka lahan dengan sistem tebas dan membakar.

“Melalui program DMPA pihak perusahaan mengajak masyarakat untuk tidak lagi menanam padi gunung dengan sistem membakar tetapi dengan sistem tumpang sari atau pembersihan lahan tanpa bakar, sehingga bisa berdampak kepada berkurangnya titik api,” katanya.

Pada tahun 2021 masyarakat yang terlibat dalam program ini ada sekitar 12 Orang yang tergabung dalam kelompok tani Dusun Malong yang menggelola lahan seluas empat hektare.

"Kami sangat berterima kasih, perusahaan telah memberikan bantuan Program DMPA ini, karena sangat membantu petani khususnya petani tidak perlu lagi untuk membuka lahan baru untuk menanam padi gunung," ujar Simon.

Para petani meyakini, penanaman dengan sistem ini bisa menghemat biaya karena lahan sudah disiapkan oleh pihak perusahaan.

"Selain itu, sosialisasi terkait bahaya pembukaan lahan dengan sistim membakar terus dilakukan sehinngga kami bisa lebih memahami bahaya kebakaran lahan," tambahnya.

Ia berharap, semoga program yang sudah dijalankan ini terus berlanjut karena program ini sangat membantu masyarakat yang ada di sekitar perusahaan.

Dengan adanya program pemberdayaan masyarakat melalui program DMPA dapat menjalin hubungan lebih harmonis dan kerja sama yang baik dengan pihak masyarakat dalam rangka menjaga lingkungan dari kebakaran hutan dan lahan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Suap Alfamidi, KPK Dalami Sumber Uang Suap untuk Wali Kota Ambon

Kasus Suap Alfamidi, KPK Dalami Sumber Uang Suap untuk Wali Kota Ambon

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings