Logo BeritaSatu

PLN Sukses Energize GIS 150 kV Muara Karang Baru

Selasa, 9 November 2021 | 17:13 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) melalui Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Barat 4 (UPP JBB 4) sukses melakukan pemberian tegangan (energize) pada proyek GIS 150 kV Muara Karang Baru. Pembangunan GIS 150 kV Muara Karang Baru ini merupakan salah satu infrastruktur ketenagalistrikan yang dibangun di kawasan PT Pembangkitan Jawa Bali, Jakarta Utara.

Energize pada proyek ini berlangsung dua tahap, dengan energize pertama menggunakan konfigurasi single phi pada Selasa (2/11/2021) pukul 22.11 WIB, dan energize dengan menggunakan konfigurasi double phi resmi bertegangan pada Selasa (9/11/2021) pukul 00.18 WIB.

Advertisement

General Manager PLN UIP Jawa Bagian Barat, Ratnasari Sjamsuddin, mengungkapkan pembangunan proyek yang memiliki nilai investasi sebesar Rp 119,8 miliar ini bermanfaat bagi keandalan pasokan listrik di Ibu Kota.

“GIS Muara Karang Baru ini dibangun di atas lahan seluas 22.392 m2, terdiri dari Under Ground Cable (UGC) 150 kV serta SUTT 150 kV Incomer.Kebutuhan akan pasokan listrik terus meningkat di DKI Jakarta, terlebih lagi sebagai Ibukota Negara yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat kegiatan ekonomi nasional. Hal tersebut menyebabkan PLN dituntut untuk senantiasa bisa menyediakan kualitas listrik yang prima,” ujar Ratnasari melalui keterangan tertulis, Selasa (9/11/2021).

Ratnasari menambahkan, pada pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini turut memperhitungkan aspek Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Kami turut memasukkan TKDN sebesar 32,23%. Hal ini merupakan komitmen kami untuk turut menggerakkan industri lokal,” tambah Ratnasari.

GIS 150 kV Muara Karang Baru dibangun di bawah transmisi eksisting, sehingga dapat langsung memperoleh pasokan listrik dengan membangun 1 tower SUTT 150 KV Incomer yang disambungkan kepada jalur transmisi eksisting tersebut.

“Proyek ini mendapatkan pasokan listrik dari jalur transmisi SUTT 150 kV PIK – Muara Karang Baru, yang disambungkan menggunakan 1 tower SUTT 150 kV Incomer,” pungkas Ratnasari.

Setelah melewati proses yang cukup panjang, GIS 150 kV Muara Karang Baru ini siap untuk meningkatkan keandalan penyaluran listrik hingga ke konsumen khususnya di sentra perekonomian dan bisnis yang dapat mendorong pertumbuhan usaha. Hal tersebut pada akhirnya diharapkan mampu menyerap tenaga kerja lokal dalam jumlah yang banyak.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings