Logo BeritaSatu

Kuwait Tahan 18 Orang Donatur Hizbullah

Sabtu, 20 November 2021 | 08:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kuwait City, Beritasatu.com- Jaksa di Kuwait telah menahan 18 orang yang diduga mendanai kelompok Hizbullah, kelompok Syiah Lebanon yang kuat. Seperti dilaporkan Arab News, Jumat (19/11/2021), penahanan itu juga disampaikan surat kabar Al-Qabas dan Al-Rai.

Al Qabas menyatakan penuntut memerintahkan para tahanan untuk ditahan di penjara pusat selama 21 hari, sementara penyelidikan berlanjut terhadap dugaan “keanggotaan dalam partai terlarang, pencucian uang dan mata-mata.”

Kementerian Dalam Negeri tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters. Negara-negara Teluk Arab pada tahun 2016 menetapkan Hizbullah yang bersekutu dengan Iran sebagai organisasi teroris.

Lebanon menghadapi krisis diplomatik karena negara-negara Teluk semakin kecewa dengan pengaruh Hizbullah yang meluas atas politik Lebanon.

Arab Saudi, Kuwait dan Bahrain bulan lalu mengusir diplomat Lebanon dan memanggil kembali utusan diplomatiknya menyusul komentar kritis seorang menteri tentang intervensi militer pimpinan Saudi di Yaman. Riyadh melarang semua impor dari Lebanon.

Menteri luar negeri Arab Saudi mengatakan langkah-langkah itu didorong tidak hanya oleh komentar Menteri Informasi George Kordahi, yang dibuat sebelum kabinet baru dibentuk, melainkan oleh keberatan Riyadh terhadap “dominasi” Hizbullah.

Hubungan Muslim Sunni Arab Saudi dan Syiah Iran telah mengalami kebuntuan selama beberapa dekade dalam konflik proksi di seluruh wilayah.

Kuwait telah lama mempertahankan hubungan seimbang antara tetangganya yang lebih besar. Tetapi pada tahun 2016, otoritas menghukum sekelompok Syiah Kuwait karena memata-matai Iran dan Hizbullah, dan menuduh Teheran pada saat berusaha untuk mengacaukannya. Iran telah membantah koneksi apa pun.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sah, Devanda Aditya Dikukuhkan Jadi Ketua Harian DPP KNPI

Sah, Devanda Aditya Dikukuhkan Jadi Ketua Harian DPP KNPI

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings