Logo BeritaSatu

Jokpro 2024 Kembali Gelar Aksi Damai "Sober"

Senin, 22 November 2021 | 15:22 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Komunitas Jokpro 2024 kembali menggelar Aksi Damai Persatuan Indonesia dengan tajuk bernama “Sober” Sobat Jokpro 2024 Beraksi. Aksi damai ini dilakukan untuk yang ketiga kalinya di area Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (22/11/2021).

Sober dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Jokpro 2024 Timothy Ivan Triyono, Ketua Jokpro 2024 Regional DKI Jakarta Bambang Darmanto, Sekretaris Jokpro 2024 Regional DKI Jakarta Edhy Fadil Rahman, serta jaringan dan simpatisan Jokpro 2024 DKI Jakarta.

Dalam aksinya, Jokpro 2024 Regional DKI Jakarta mengampanyekan, ide/gagasan Jokowi-Prabowo di Pilpres 2024. Sober diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Pancasila, dan UUD 1945 dengan penuh khidmat.

Sober kali ini menampilkan pertunjukan seni Tari Enggang yang merupakan salah satu tarian khas daerah Kalimantan ditambah dengan maskot baju daerah khas Kalimantan. Tarian tradisional ini menggambarkan kehidupan sehari-hari burung enggang yang dimuliakan oleh suku Dayak Kenyah.

Burung enggang adalah lambang keagungan, kepahlawanan, dan perdamaian bagi suku Dayak Kenyah. Burung enggang juga simbol watak seorang pemimpin yang dicintai rakyat.

Sayapnya yang tebal melambangkan seorang pembimbing yang melindungi rakyat. Suara keras burung enggang merupakan wujud perintah pemimpin yang selalu didengar sedangkan ekor panjangnya merupakan lambang kemakmuran rakyat.

Ketua Jokpro 2024 Regional DKI Jakarta, Bambang Darmanto menyampaikan bahwa Aksi Damai Persatuan Indonesia “Sober” digelar agar masyarakat luas tersadar kembali bahwa Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa dan memiliki keanekaragaman budaya. Keanekaragaman ini mencerminkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.

“Aksi Sober sengaja kami gelar dengan menampilkan tari-tarian dan pakaian adat dari seluruh Tanah Air secara bergantian, kali ini Tari Enggang. Dengan menggelar Sober, kami ingin agar masyarakat itu tersadar kembali bahwa kita sebagai bangsa Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa yang harus kita jaga. Kekayaan inilah yang menjadikan kita negara bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan selain untuk menampilkan keanekaragaman budaya di Indonesia, digelarnya Sober juga untuk menyosialisasikan ide/gagasan Jokowi-Prabowo berpasangan di Pilpres 2024.

“Dengan menggelar Sober ini, kami juga ingin menyosialisasikan kepada warga DKI Jakarta terkait ide/gagasan Jokowi-Prabowo di 2024. Kami tidak ingin ada kelompok-kelompok tertentu yang ingin merusak atau memecah belah kita. Nilai-nilai Persatuan Indonesia inilah yang harus kita jaga dan rawat,” imbuhnya.

Menanggapi pagelaran Sober yang ketiga ini, Sekretaris Jenderal Jokpro 2024 Timothy Ivan Triyono mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Jokpro 2024 Regional DKI Jakarta yang konsisten menggelar Sober. Ia juga sangat optimis dengan diadakannya Sober akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik bergabung dan mendukung Jokpro 2024.

“Ini merupakan langkah yang sangat bagus Sobat Jokpro 2024 DKI Jakarta yang terus konsisten menggelar Sober. Tari-tarian dan pakaian adat yang ditampilkan sangat menggambarkan keanekaragaman Indonesia yang harus terus kita jaga & rawat. Kami berharap dengan adanya Aksi Damai Persatuan Indonesia ‘Sober’ ini, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik bergabung dan bergerak bersama Jokpro 2024,” kata Timothy.

Timothy menerangkan bahwa Sober akan digelar secara rutin setiap hari Senin. Ia juga menghimbau dan mengajak Sobat Jokpro 2024 di seluruh Indonesia menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat menggaungkan ide/gagasan Jokpro 2024.

“Mereka akan rutin ya menggelar aksi ini. Setiap hari Senin pukul 10.00 WIB di sekitar area Patung Kuda. Kami berharap Pak Jokowi dan Pak Prabowo dapat melihat aksi kami ini dan mewujudkan keinginan kami agar Bapak berdua berpasangan di Pilpres 2024 mendatang. Saya juga mengajak Sobat Jokpro 2024 di manapun Anda berada untuk menyelenggarakan kegiatan yang dapat membuat gaung Jokpro 2024 terdengar ke seluruh penjuru Tanah Air,” pungkas Timothy.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings