Logo BeritaSatu

Suharso: Indonesia Mampu Wujudkan Percepatan Perbaikan Gizi

Selasa, 23 November 2021 | 13:57 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyatakan dengan kerja sama lintas sektor, pihaknya optimistis Indonesia mampu mewujudkan percepatan perbaikan gizi. Walaupun diyakini pencapaian itu tidak mudah, karena Indonesia menghadapi masalah kekurangan dan kelebihan gizi.

Hal itu disampaikan Suharso di acara puncak Scaling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting 2021, di Jakarta, Selasa, (23/11/2021). Acara yang digelar Kementerian PPN/Bappenas ini mengangkat tema “Satu Dekade Melangkah Bersama”, sekaligus memperingati momentum 10 tahun sejak Indonesia bergabung dengan gerakan SUN di tingkat global.

Suharso berharap, kegiatan SUN Annual Meeting 2021 dapat menghasilkan langkah-langkah strategis untuk terus mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Scaling Up Nutrition merupakan gerakan global di bawah Sekretaris Jenderal PBB untuk mengatasi semua bentuk malnutrisi melalui keterlibatan lintas sektor.

Koordinator gerakan SUN di tingkat global Gerda Verburg, menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen pemerintah Indonesia dalam mempercepat perbaikan gizi.

“Indonesia termasuk negara yang pertama-tama bergabung dengan gerakan Scaling Up Nutrition. Ini menunjukkan bagaimana kepemimpinan pemerintah Indonesia terhadap permasalahan gizi,” ujar Gerda.

Secara khusus, Gerda menyampaikan apresiasi terhadap SUN Focal Point Indonesia yang saat ini dipegang Deputi bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan (PMK) Kementerian PPN/Bappenas, Subandi Sardjoko, yang telah mengembangkan kemitraan lintas sektor hingga Indonesia mampu memiliki 148 anggota SUN Networks pada tahun 2021.

Jejaring ini terdiri dari pemerintah, mitra pembangunan, dunia usaha, organisasi masyarakat sipil, serta akademisi.

Pada kesempatan itu juga dilakukan peluncuran komitmen Indonesia dalam Nutrition for Growth (N4G) Summit 2021. N4G merupakan forum tingkat global yang dibentuk untuk memperkuat komitmen setiap negara yang tergabung dalam Gerakan Scaling Up Nutrition.

Forum empat tahunan ini rencananya akan dilaksanakan pada 7-8 Desember 2021 di Tokyo. Pemerintah Jepang secara khusus mengundang Presiden Jokowi untuk menyampaikan sambutan pada sesi pembukaan N4G Summit 2021 tersebut.

Hal ini sebagai wujud apresiasi atas komitmen kuat Indonesia dalam mencapai target prevalensi stunting 14% pada tahun 2024. Selain itu, tahun ini pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 tahun 2021 untuk memperkuat upaya penurunan stunting di Indonesia.

Scaling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting merupakan forum tahunan yang bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran terkait upaya percepatan perbaikan gizi di Indonesia.

Pertama kali diadakan tahun 2019, forum ini diharapkan menjadi wadah kolaborasi lintas sektor yang tergabung dalam SUN Networks. Rangkaian acara SUN Annual Meeting 2021 telah berlangsung sejak 13 Oktober hingga puncaknya pada 23 November 2021.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erdogan Janji Turkiye Akan Punya Militer Terbaik di Dunia

Erdogan Janji Turkiye Akan Punya Militer Terbaik di Dunia

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings