Logo BeritaSatu

Bendungan Karalloe Tingkatkan Layanan Air Bersih hingga 50%

Rabu, 24 November 2021 | 15:33 WIB
Oleh : Indah Handayani / JEM

Jeneponto, Beritasatu.com – Kehadiran Bendungan Karalloe telah meningkatkan layanan air bersih Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Turatea dan Tolo di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga 50%. Dengan tersedianya sarana instalasi pengolahan air minum dan jaringan perpipaan skala kecamatan, diharapkan risiko terhadap penyakit bawaan air, gizi buruk, dan stunting akan berkurang sehingga kualitas kesehatan masyarakat meningkat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan prasarana dan sarana air minum merupakan infrastruktur dasar yang memberikan pengaruh vital pada kesehatan dan lingkungan.

"Infrastruktur ini untuk masyarakat Jeneponto, tolong dirawat betul. Saya sangat senang karena infrastruktur yang sudah lama dibangun dan baru selesai diperbaiki/direhabilitasi ini dapat langsung dimanfaatkan oleh PDAM Jeneponto untuk melayani kebutuhan air masyarakat," kata Menteri Basuki dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Rabu (24/11/2021).

Menteri Basuki mendapat laporan bahwa pada 2019 silam terjadi banjir di Jeneponto yang menghanyutkan intake SPAM. Kejadian ini menyebabkan layanan PDAM terputus sehingga karyawannya sempat tidak digaji selama 4 bulan. SPAM IKK Turatea berkapasitas 20 liter/detik dan SPAM IKK Tolo berkapasitas 20 liter/detik dibangun pada tahun 2008 dan 2010. Selanjutnya pada tahun 2021, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulsel melakukan optimalisasi SPAM untuk memenuhi layanan air minum sebesar 40 liter/detik dari total kapasitas sarana air yang terpasang di Jeneponto sebesar 120 liter/detik. Artinya SPAM ini bisa memenuhi 10% dari kebutuhan air dari total jumlah penduduk Jeneponto.

Pekerjaan optimalisasi SPAM IKK Turatea dan Tolo mulai dikerjakan pada Januari 2021 dan telah selesai 100% pada September 2021. Pembangunan fisiknya menggunakan dana APBN sebesar Rp6,36 miliar mencakup pembangunan 1 unit intake, rehabilitasi rumah genset dan panel, pengadaan pompa intake, pemasangan pipa JDU, pemasangan pompa dosing, dan pekerjaan Sambungan Rumah (SR) sebanyak 50 unit.

Ke depan, cakupan layanan SPAM Tolo juga akan meningkat dengan keberadaan Bendungan Karalloe di perbatasan hulu Kabupaten Gowa dan Jeneponto yang hari ini diresmikan Presiden Joko Widodo. Bendungan dengan kapasitas tampung 40,53 juta m3 berpotensi untuk memberikan tambahan suplai air baku sebanyak 440 liter/detik. Dengan demikian, layanan air minum untuk Jeneponto akan meningkat menjadi lebih dari 50% penduduk.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tokoh Taliban Serukan Pembukaan Sekolah Anak Perempuan Afghanistan

Wakil Taliban menyerukan pembukaan kembali sekolah untuk anak perempuan Afghanistan.

NEWS | 28 September 2022

Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Kuasa Hukum Putri Candrawathi

Mantan Jubir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menjadi kuasa hukum Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo.

NEWS | 28 September 2022

Riza: Tawuran Bukan Prestasi tetapi Tindakan yang Merendahkan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, tawuran bukanlah sebuah prestasi tetapi tindakan yang merendahkan diri sendiri dan orang lain

NEWS | 28 September 2022

Perang Ukraina, 4,4 Juta Warga Donbass Mengungsi ke Rusia

Lebih dari 4,4 juta pengungsi dari Donbass, Ukraina tiba di Rusia sejak Februari akibat perang Ukraina. s

NEWS | 28 September 2022

Mendes: SDGs Desa Ke-18 Terinspirasi dari Para Ulama NU

Mendes PDTT mengatakan perumusan SDGs Desa ke-18 yaitu Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif terinspirasi dari jejak dakwah para ulama NU.

NEWS | 28 September 2022

Usman Hamid Desak Polri Usut Peretasan Redaksi Narasi TV

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mendesak Polri mengusut tuntas peretasan terhadap belasan awak redaksi Narasi TV

NEWS | 28 September 2022

LSM HAM Sebut 76 Orang Tewas dalam Aksi Protes Rezim Iran

LSM HAM Iran menyebut aksi protes atas kematian Mahsa Amini telah menewaskan sedikitnya 76 orang.

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, Kombes Budi Pitono Jalani Sidang Etik

Mantan Kabag Renmin Divpropam Polri Kombes Murbani Budi Pitono tengah menjalani sidang etik pada hari ini, Rabu (28/9/2022), terkait kasu Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

 AKBP Raindra Ramadhan Syah tidak mengajukan banding saat putusan sanksi demosi empat tahun imbas dari kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

Mantan Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah disanksi demosi 4 tahun terkait kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tokoh Taliban Serukan Pembukaan Sekolah Anak Perempuan Afghanistan

Tokoh Taliban Serukan Pembukaan Sekolah Anak Perempuan Afghanistan

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings