Logo BeritaSatu

Sertifikat Tanah, Bentuk Legalitas atas Kepemilikan Tanah

Jumat, 26 November 2021 | 09:06 WIB
Oleh : JNS

Sukabumi, Beritasatu.com - Bagi pemilik tanah, bentuk legalitas atas kepemilikan tanah menjadi sangat penting. Apabila tidak dilegalisasi, tanah tersebut sangat rawan terjadi sengketa dan mudah diambil oleh mafia tanah. Untuk itu, para pemilik tanah perlu memegang bukti legalitas dari pemerintah atas tanah yang mereka miliki.

Pemberian sertifikat tanah dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kepada masyarakat. Tidak hanya melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), tetapi juga melalui program Redistribusi Tanah. Penyerahan sertifikat hasil program Redistribusi Tanah kali ini, dilaksanakan di Pondok Pesantren As-Salam kepada 100 orang masyarakat Kabupaten Sukabumi.

"Sertifikat tanah ini merupakan bentuk legalitas yang kami dapat dari pemerintah, Pak. Saya bersyukur dan merasa sangat senang mendapatkan ini," ujar Suryadin usai menerima sertifikat tanah di Pondok Pesantren As-Salam, Selasa (23/11/2021).

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai petani ini mengungkapkan bahwa sebelumnya merasa waswas karena tanahnya belum memiliki sertifikat tanah. Ia mengaku bahwa sebelumnya bukti kepemilikan yang ia miliki hanya Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi Bangunan (SPPT PBB) saja.

"Oleh karena itu, saya sangat senang dapat sertifikat tanah dan juga saya harap pemerintah terus melanjutkan program Redistribusi Tanah. Ini sangat bagus bagi masyarakat di desa kami, Desa Mekar Jaya," kata Suryadin.

Cecep Rohman, warga Desa Nagrak Utara, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ATR/BPN atas sertifikat tanah yang ia terima. Ia mengaku khawatir karena tanah yang ia garap belum memiliki legalitas dari pemerintah.

"Saya kan sudah berapa puluh tahun menggarap di sana karena sudah turun temurun dari kakek buyut saya. Cuma dari kemarin-kemarin, saya belum tahu kejelasan masalah tanah. Alhamdulillah, dengan ada program sertifikasi massal, redis namanya, status tanah sudah jelas jadi hak milik, sudah ada kejelasan gitu," ungkap Cecep Rohman.

Cecep Rohman berharap agar target pensertifikatan melalui program Redistribusi Tanah ini terus ditambah. Ia pun memuji pelayanan kantor pertanahan yang selama ini sudah sangat baik.

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, menyampaikan bahwa program Redistribusi Tanah akan terus berlanjut. Selain itu, ia juga menjelaskan kepada masyarakat penerima sertifikat tanah bahwa dengan adanya sertifikat tanah maka tidak akan ada konflik pertanahan.

"Bapak dan Ibu juga bisa memanfaatkan sertifikat ini untuk mendapatkan pinjaman dari bank dalam rangka mengembangkan usaha," kata Menteri ATR/Kepala BPN.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengumuman Bakal Capres Lebih Dini Dapat Dongkrak Suara Partai

Herry Mendrofa mengungkapkan pengumuman kandidat calon presiden (capres) lebih awal bakal mendongkrak elekabilitas partai politik.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Publik Diminta Tidak Tendensius Sudutkan Polri

Analis politik dari Walden University, Boni Hargens meminta publik tidak tendensius menyudutkan Polri dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Gugur dalam Tragedi Kanjuruhan, 2 Polisi Diberi Kenaikan Pangkat

Dua polisi yang gugur dalam tragedi Kanjuruhan diberi kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi

NEWS | 3 Oktober 2022

Cyber University Akan Gelar Prosesi Wisuda Pertama di TMII

BRI Institute, yang bertransformasi menjadi Cyber University, sebagai universitas fintech pertama Indonesia, akan menggelar prosesi wisuda pertama.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pencabutan Status Pandemi Covid-19, Ini Kata Jokowi

Soal status pandemi Covid-19, Presiden Jokowi meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk berkonsultasi langsung ke WHO.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT, Polisi Olah TKP di Kediaman Rizky Billar dan Lesti Kejora

Terkait kasus KDRT, Polres Metro Jakarta Selatan melakukan olah TKP di kediaman artis Rizky Billar dan istrinya Lesti Kejora di Cilandak, Jakarta Selatan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Berantas Korupsi, Pengamat: KPK Tak Pernah Bermanuver

KPK dinilai tidak pernah melakukan manuver saat melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi di Tanah Air.

NEWS | 3 Oktober 2022

KPK Harap Penyuap Hakim Agung Beberkan Kasus Lainnya

KPK berharap para tersangka penyuap hakim agung pada Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati mau membeberkan kasus lainnya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Covid-19 Segera Berakhir, Jokowi Instruksikan Menkes Konsultasi dengan WHO

Presiden Jokowi menginstruksikan Menkes Budi Gunadi Sadikin berkonsultasi dengan  WHO mengenai rencana Indonesia mengakhiri status pandemi Covid-19.

NEWS | 3 Oktober 2022

Puji Ganjar di Depan Jokowi, Bahlil: Sudah Cocok Barang Ini

Bahlil meminta tamu yang hadir dalam acara groundbreaking tersebut untuk memberikan aplaus kepada Ganjar Pranowo.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Upaya Nippon Paint Dukung Literasi Seni Indonesia

Ini Upaya Nippon Paint Dukung Literasi Seni Indonesia

LIFESTYLE | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings