Logo BeritaSatu

Peran Tata Ruang dan Reforma Agraria dalam Human Security

Jumat, 26 November 2021 | 17:16 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Human Security atau keamanan manusia, berarti meliputi keamanan lingkungan, keamanan ekonomi, keamanan pribadi, keamanan pangan, keamanan politik, serta segala hal yang berhubungan dengan kelangsungan hidup manusia. Hal ini sangat terkait dengan pertanahan dan tata ruang yang diampu Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk kelangsungan hidup manusia.

“Berdasarkan SDGs (Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), hal ini mempunyai tujuan akan gagasan ketahanan yang mendesak negara-negara untuk berpikir dan bekerja keras dalam membangun dan menciptakan komunitas dan lingkungan yang tangguh,” ujar Wamen ATR/Waka BPN dalam sambutannya secara daring di acara International Conference on Current Legal Issues and Human Security oleh UNIKA Atmajaya pada Rabu (24/11/2021).

Dalam acara ini, Surya Tjandra membahas seputar implementasi penataan ruang dan agraria dalam konteks ketahanan dan keamanan. Ia menjelaskan bahwa baru-baru ini Presiden RI Joko Widodo menegaskan kembali dukungannya untuk target net-zero emissions pada agenda COP-26 di Glasgow awal bulan November 2021 ini.

Hal ini juga sejalan dengan adanya beberapa pendekatan tata ruang secara komprehensif yang telah dilakukan di beberapa tempat, seperti di Sumatra Utara, Sumatra Selatan, wilayah metropolitan Jabodetabek-Punjur (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Puncak-Cianjur), dan lain-lain.

Lebih lanjut, Surya juga menyebut persoalan penjalaran kota dan pertumbuhan penduduk yang bergerak cepat. Menurutnya, faktor-faktor ini mengharuskan perencanaan kota dengan baik berikut wilayah pendukung di sekitarnya, seperti kawasan andalan atau kawasan penyangga.

Oleh karena itu, saat ini Kementerian ATR/BPN tengah menjalankan program penataan ruang yang digabungkan dengan urusan agraria sehingga menyentuh kepada isu ekonomi dan ketahanan pangan.

“Kami juga diberi tugas besar untuk mendistribusikan kembali tanah yang tersedia sehingga petani dapat memiliki tanah dan mencari nafkah. Inilah yang kami sebut program Reforma Agraria, salah satu program strategis nasional Presiden Joko Widodo,” terang Surya.

Salah satu hal yang cukup penting bagi Surya ialah persoalan keamanan dunia siber dan data pribadi. Menurutnya, pandemi telah memaksa semua pihak untuk lebih bergantung kepada media digital daripada sebelumnya.

“Di Kementerian ATR/BPN, kami sedang dalam proses transformasi digital. Kami harus bersiap untuk itu dan kami harus cepat,” ujarnya.

Terakhir, Wamen ATR/Waka BPN berharap bahwa semua pihak dapat tumbuh bersama untuk menjadi lebih tangguh setiap harinya, demi membangun masyarakat Indonesia dan dunia yang lebih tangguh.

Wamen ATR/Waka BPN juga mengutip perihal faktor ketahanan karya Karen Reivich sebagai penutup yang berbunyi, “Ketahanan bukanlah segalanya atau tidak sama sekali. Itu datang dalam jumlah. Anda bisa menjadi sedikit tangguh; tangguh dalam beberapa situasi, tetapi tidak dalam situasi lain, dan tidak peduli seberapa tangguh Anda hari ini, Anda bisa menjadi lebih tangguh besok," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengkritik pernyataan Mendikbudristek Nadiem Makarim tentang keberadaan tim bayangan

NEWS | 28 September 2022

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar

NEWS | 28 September 2022

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Eks Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochammad Ardian Noervianto bakal menghadapi sidang dengan agenda pembacaan putusan

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate

Jokowi dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate pada acara yang diselenggarakan di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

NEWS | 28 September 2022

Program Vaksinasi Covid-19 Diperluas untuk WNA

emerintah memperluas program vaksinasi Covid-19, yakni tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga menyasar WNA.

NEWS | 28 September 2022

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden.

NEWS | 28 September 2022

Anggaran Pemilu 2024 KPU Kota Bogor Capai Rp 4,1 Miliar

Pemerintah mengucurkan anggaran Rp 4,1 miliar untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada KPU Kota Bogor

NEWS | 28 September 2022

Ke Maluku Utara, Jokowi Dianugerahi Gelar Adat

Hari ini Jokowi mengunjungi Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, guna menerima anugerah gelar  adat

NEWS | 28 September 2022

Rabu Ini, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan Mulai Siang Nanti

Menurut prakiraan cuaca BMKG, pada pagi hari semua wilayah DKI Jakarta bercuaca cerah berawan dan hujan baru akan mengguyur mulai siang hari.

NEWS | 28 September 2022

Taiwan Berharap Bisa Hadir pada Pertemuan Ke-41 ICAO

Taiwan berharap dapat hadir pada sidang tiga tahunan ke-41 Majelis ICAO pada 27 September hingga 7 Oktober 2022 di Montreal, Kanada.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Awali Perdagangan, Rupiah Anjlok ke Rp 15.200 Per Dolar AS

Awali Perdagangan, Rupiah Anjlok ke Rp 15.200 Per Dolar AS

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings