Logo BeritaSatu

PD: Kami yang Pertama Tolak UU Cipta kerja

Jumat, 26 November 2021 | 20:43 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Fraksi Partai Demokrat (PD) menyatakan sebagai fraksi yang pertama kali menolak UU Cipta Kerja sejak awal. Sikap Fraksi Demokrat ini kemudian diikuti Fraksi PKS. Hal ini disampaikan Anggota Fraksi PD di DPR, Hinca Panjaitan usai Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan UU Cipta Kerja (Ciptaker) inkonstitusional bersyarat.

"Kami dari Partai Demokrat yang pertama menolak, baru kemudian sahabat kita yang satunya lagi," kata Anggota Fraksi PD di DPR, Hinca Panjaitan, kepada wartawan, Jumat (26/11/2021).

Saat itu, Hinca sudah menyampaikan di forum pembahasan RUU Ciptaker, agar jangan buru-buru mengesahkan omnibus law itu. PD menilai butuh waktu yang panjang untuk membahasnya. Hal ini mengingat substansi yang dibahas banyak. PD juga menilai perlu sosialisasi ke masyarakat.

"Dan kami melihat waktu itu juga banyak hal yang bertentangan dengan konstitusi. Tapi waktu itu ya suara kami tidak didengar. Saya yang waktu itu yang membacakan pandangan akhir di Baleg sebelum ke Paripurna, yang kemudian diparipurnakan pun terpaksa walk out untuk menunjukkan sikap kami menolak itu," urainya.

Hinca mengaku pihaknya bersyukur karena MK memutuskan UU Ciptaker cacat formil atau cacat dari prosedur pembuatan undang-undangnya. Bahkan substansinya inkonstitusional bersyarat.

"Dan harusnya DPR pun siap bersama-sama pemerintah untuk segera menjalankan amanah itu. Ada diberi waktu 2 tahun. Ini menurut saya cukup lah pengalaman kita yang kemarin itu mengajarkan, 2 tahun itu cukup sosialisasinya, harus cukup substansinya, diskusinya juga cukup, supaya betul-betul bermanfaat. Karena kalau tidak, sia-sia lagi," kata Hinca.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Vaksinasi Covid-19: Booster Tambah Sebanyak 178.382 Dosis

Vaksinasi Covid-19: Booster Tambah Sebanyak 178.382 Dosis

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings